PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE WORKSPACE SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PENGETAHUAN DALAM PEMBERDAYAAN KWT SUMUR MANGGA

Yusuf Unggul Budiman, Miftah Faroq Santoso, Tiska Pattiasina, Ahmad Jurnaidi Wahidin

Abstract


Pemerintah Indonesia memberikan alokasi APDB/APBN yang lebih besar terhadap kaum perempuan sebagai bentuk komitmen terhadap pemberdayaan kaum perempuan, berdasarkan Undang-undang No.11 Tahun 2009 perempuan juga memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan sosial. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan sektor pertanian. Pengetahuan tentang pengolahan data dan administrasi lainnya dimasa sekarang sangat penting diketahui oleh banyak orang terutama pada pengurus KWT Sumur Mangga. Pengolahan data sekarang ini tidak hanya dapat dilakukan menggunakan personal computer saja, namun dapat dilakukan menggunakan smartphone. Google workspace merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan secara mudah dan gratis untuk mengolah data dan dapat digunakan melalui smartphone. Bertujuan mewujudkan program KWT Sumur Mangga dalam meningkatkan pengetahuan pengurus tentang pengolahan data menggunakan google workspace, maka diselenggarakan kegiatan dalam pelatihan. Pelatihan yang melibatkan 20 peserta mendapatkan respon yang sangat baik, ditunjukan dari persentase hasil kuesioner yang didapat dari peserta, dimana 100% peserta puas akan pelatihan yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).

KemenPPPA. (2017). Kemajuan Kaum Perempuan Sebagai Komitmen Global [Siaran Pers]. Kemenpppa.Go.Id. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/1389/kemajuan-kaum-perempuan-sebagai-komitmen-global

Khuntari, D. (2022). Analisis Usability Google Workspace for Education di Universitas dengan System Usability Scale. Techno. Com, 21(1), 75–87.

Margayaningsih, D. I. (2020). Peran Kelompok Wanita Tani Di Era Milenial. Publiciana, 13(1), 52–64.

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Google Workspace for education pada pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Palupi, T. M., & Tamela, E. (2022). Pelatihan Google Workspace For Education Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru SMP. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 492–503.

Suhastyo, A. A. (2019). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 60–64.

Wahyudi, S. (2023). Mengenal Google Workspace dan Keunggulannya dalam Mengelola Berbagai Pekerjaan. JPNN.Com.

Zarkiah, I., Sugita, G., & Awuy, E. (2017). Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di Kelas Viii B Smp Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 202–212.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i2.20920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: