Pelatihan Penggunaan Google Sheets Bagi Pengurus PKK Kelurahan Paledang Sebagai Media Pemrosesan Data

Endah Eka Setiawati, Elin Panca Saputra, Ahmad Jurnaidi Wahidin, Kudiantoro Widianto

Abstract


Pengolahan data tentunya merupakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan keterampilan, kecepatan pengolahan data dan distribusi informasi memegang peranan penting dalam suatu instansi atau organisasi. Selain itu diperlukan peralatan pendukung agar pengolahan data dapat dilakukan secepat mungkin. Google telah melengkapi layanan Google Suites-nya dengan aplikasi pengolah data bernama Google Sheets, merupakan perangkat lunak spreadsheet yang mirip dengan perangkat lunak Microsoft Excel, tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Gmail. Dan yang terbaiknya adalah dapat digunakan secara gratis.  PKK Paledang Bogor merupakan perkumpulan aktif para ibu, Gerakan PKK adalah Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat. Salah satu tugasnya melakukan pendataan, pencatatan sampai dengan pelaporan kepada pembina TP PKK. Permasalahan pada mitra adalah sulitnya mencatat, menyimpan dan membagikan data sesama pengurus PKK dan masih dilakukan secara ofline. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode peningkatan pengetahuan tentang pengolahan data menggunakan Google Sheets yang meliputi 2 tahap yaitu tahap 1 yaitu identifikasi dan memberikan pelatihan. Keberhasilan pelatihan diukuran melalui kuesioner yang diberikan kepada 22 peserta didapat presentase kepuasan peserta sebesar 100%. Disimpulkan kegiatan ini berjalan dengan lancar, para peserta pelatihan dapat memahami materi dengan jelas, terbukti dari hasil angket yang diberikan.


Full Text:

PDF

References


Arnold, T., Earl, J. H., & Marshall, C. D. (2017). Using google sheets to determine mortgage information. The Journal of Wealth Management, 19(4), 128–131.

Bahri, S., & Nurhalifah, S. (2021). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Penyimpanan Data Masyarakat Rw. 04 Kp. Cilayung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 1–7.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).

Herlina, H. (2019). Fungsi Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (pkk) dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di desa maasawah kecamatan cimerak kabupaten pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(2), 201–212.

Irawan, D. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Google Sheet dan Telegram Di SMP Nurul Huda Ciputat Kecamatan Ciawigebang. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 1(2), 59–66.

KemenPPPA. (2017). Kemajuan Kaum Perempuan Sebagai Komitmen Global [Siaran Pers]. Kemenpppa.Go.Id. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/1389/kemajuan-kaum-perempuan-sebagai-komitmen-global

Oualline, S., Oualline, G., Oualline, S., & Oualline, G. (2018). Using Google Sheets. Practical Free Alternatives to Commercial Software, 389–404.

Priyadi, D. A., & Lestari, E. W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 4(2), 84–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i2.23751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: