EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA SEKOLAH PROVIDENTIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat pengetahuan dasar literasi keuangan di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Literasi keuangan merupakan kemampuan untuk memahami dan mengelola keuangan pribadi secara efektif, termasuk pengetahuan tentang tabungan, investasi, pengelolaan utang, dan perencanaan keuangan. Studi ini menggunakan metode survei dengan melibatkan Kurang Lebih 50 siswa dari Sekolah SMA Providentia di wilayah Jakarta Barat. Data dikumpulkan melalui penyampaian materi yang mengukur pengetahuan dasar keuangan, sikap terhadap pengelolaan keuangan, dan perilaku keuangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan siswa SMA secara umum masih rendah. Banyak siswa yang belum memahami konsep dasar seperti bunga majemuk, diversifikasi investasi, dan pentingnya menabung. Faktor-faktor seperti latar belakang pendidikan orang tua, akses terhadap informasi keuangan, dan program pendidikan keuangan di sekolah berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan siswa. Penelitian ini mengindikasikan perlunya peningkatan pendidikan literasi keuangan di kalangan siswa SMA melalui kurikulum yang lebih komprehensif dan praktis. Penerapan program pendidikan keuangan yang melibatkan simulasi, praktik langsung, dan pengajaran dari para ahli di bidang keuangan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan keuangan siswa. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana di masa depan dan menghindari masalah keuangan yang dapat menghambat kesejahteraan mereka.
Full Text:
PDFReferences
Abnur, A., Wibowo, A. E., Yulianti, M., & Maldin, S. A. (2024). Literasi Keuangan, Pembelajaran Manajemen Keuangan di Perguruan Tinggi terhadap Gaya Hidup dan Semangat Berwirausaha. Jurnal Akuntansi Barelang, 8(2), 15–27.
Ashari, I. R., & Khodijah. (2022). Trend Judi Online dan Pinjol Pada Kelompok Remaja: Faktor Resiko dan Dampak Sosial. PUSTAKA, 24(2), 161–167.
Aulia, M. (2023). Sejak Awal 2023, PPATK Temukan Transaksi Judi Online Lebih Rp 200 Triliun. BeritaSatu.Com. https://www.beritasatu.com/nasional/1069080/sejak-awal-2023-ppatk-temukan-transaksi-judi-online-lebih-rp-200-triliun
Herdinata, C., & Pranatasari, F. D. (2020). Literasi Keuangan Berbasis Fintech Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (1st ed.). Deepublish.
Ibnumasy, M. R. (2023). Mahasiswa UI Nekat Bunuh Juniornya, Pengamat Sosial: Pinjaman Online Bawa Petaka. Wartakotalive.Com. https://wartakota.tribunnews.com/2023/08/06/mahasiswa-ui-nekat-bunuh-juniornya-pengamat-sosial-pinjaman-online-bawa-petaka?page=all
Juliani, R. K., Satria, M., Raharja, R. M., & Legiani, W. H. (2024). Fenomena Judi Online di Kalangan Generasi Muda. Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(2), 113–122.
Miswanto, M., Tarigan, S. T., Wardhani, S., Khuan, H., Rahmadyanti, E., Jumintono, J., Ranatarisza, M. M., & Machmud, M. (2024). Investigating the influence of financial literacy and supply chain management on the financial performance and sustainability of SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 12(1), 407–416. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.9.011
Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. MANNERS, 1(2), 133–137.
Nursjanti, F., Amaliawiati, L., & Utami, E. M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi Milenial dan Gen Z di Jawa Barat. Madaniya, 4(1), 54–67.
Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 213–222. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.411
Rohmah, Y., & Khodijah, K. (2024). Resiko dan dampak sosial judi dan pinjaman online pada remaja. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 13(1), 85–92.
Saefullah, E., Suseno, B. D., & Hartoko, G. (2024). Penyuluhan Hukum : Dampak Negatif Judi Online dan Pinjaman Online. 4(3), 2000–2010.
Subekti, R., & Yolandha, F. (2023). Judi Online Marak di Kalangan Pelajar, Bukti Literasi Masyarakat Rendah. Republika.Co.Id.
Suhartatik, A., Susilawati, C. E., Arini, & Shanti. (2022). Kompetensi Ibu dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak Sejak Dini di Kelurahan Semolowaru Surabaya. JURNAL ABDIMAS PeKA, 5(1), 19–30.
Sumarno, Gimin, Noviana, E., Dafik, Ridlo, Z. R., & Mursyidah, I. L. (2024). The analysis of the RBL-STEM application in improving student financial literacy in controlling consumptive behavior. Heliyon, 10(12), e32382. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32382
Yuneline, M. H., Suryana, U., & Hilman, I. (2021). Perencanaan Keuangan untuk Menumbuhkan Awareness Literasi Keuangan pada Siswa SMA PMB Bandung. Warta LPM, 24(2), 239–248. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12288
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v4i1.30049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: