PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN METODE E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI

Somawati Somawati, Andri Andri

Abstract


Sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah mata pelajaran yang harus diajarkan di semua sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Media pembelajaran jelas diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. Google Classroom adalah platform online yang membantu guru dan siswa melakukan pembelajaran digital. Guru dapat menggunakan platform ini untuk membuat kelas, memberikan kode tambahan kepada siswa atau mengundang mereka melalui email, dan mulai berkomunikasi tentang informasi kelas, tugas, dan dokumen. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik untuk memberikan gambaran situasi, mengumpulkan data, dan menjelaskan dan menganalisis data yang dikumpulkan. Program ini mempermudah guru PAI dan siswa jika tidak dapat bertatap muka secara langsung di kelas. Guru PAI tidak lagi perlu datang ke sekolah untuk memberikan tugas kepada bagian piket, karena dengan adanya aplikasi ini, guru dapat membagikan tugas dan berkomunikasi dengan siswa secara jarak jauh, termasuk pengaturan waktu pengumpulan tugas yang telah ditentukan.

Full Text:

PDF

References


Dasanty, L. V., & Dermawan, D. A. (2020). Studi Literatur Monitoring Manajemen Jaringan Internet Dengan Konsep Snmp Terhadap Akses Siswa. It-Edu, 5(1).

Hakkurahmy, B. N. (2023). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Arus Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.57250/ajup.v3i1.209

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hidayat, M. T., Karman, K., & Nurhasan, M. (2022). KESELARASAN HURUF AKHIR DALAM KITAB MATAN ZUBAD KARYA SYEKH AHMAD RUSLAN ASY-SYAFI’I. Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 4(2). https://doi.org/10.15575/hijai.v4i2.11560

Marlia. (2022). Peta Jalan Merdeka Belajar (Korelasi Kebijakan dengan Linguistik dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Wistara, 5(1).

Marlia, A., Syumus Shalahuddin, M. A., Al Hafiz, N. Z., Hidayanti, N., Nadilah, N., Pitri, E., & Ulstami, A. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI FONDASI ANAK DIDIK DI SEKOLAH : STUDI KASUS SISWA YANG SUKA BOLOS SEKOLAH MEROKOK DAN PACARAN DI MTS N 1 PALEMBANG. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(02). https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i02.919

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Pemanfaatan e-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 03(01).

Mursita, A., Noorhidayati, N., & Putra, A. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Konsep Ekologi Di SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4). https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.281

Nadhrah, A. (2021). Penerapan E-learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom di SMP Puspita Bangsa Ciputat). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Nastiti, H., & Pinem, D. (2021). MONOGRAF ANALISIS LOYALITAS MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI. In CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Nurliani, N. (2023). Strategi Pengajaran 3M (Melipat, Menggunting, Dan Menempel) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. JUDIKA : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(1). https://doi.org/10.59696/judika.v1i1.12

Oktaria, A., Khadijah, S., & Miranto, S. (2023). MODEL LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL-AZHAR 2 JAKARTA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1113

Pramiswari, R., Amarudin, A. A., & Mustamim, M. (2021). Strategi Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah untuk Kesejahteraan Umat: Studi Komperatif antara LAZ-UQ dengan LAZISNU Jombang. JIL: Journal of Islamic Law, 2(2). https://doi.org/10.24260/jil.v2i2.331

Puspito, I. D., & Azhima, N. (2024). DAKWAH DIGITAL UNTUK GENERASI MILLENIAL. Tabayyun, 4(2). https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.50

Putri, T. S., Rery, U., & Agustina, A. (2023). Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning Loss Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1). https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3066

Rahmiati, Suardi, & Abdul, N. B. (2023). Persepsi Siswa Tentang Motivasi Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Journal Socius Education (JSE), 1(1).

Ramli, M. (2019). Disertasi"Pengembangan Pembelajaran berbasis E-Learning dalam Mata Kuliah Media Pembelajaran Fiqh (Penggunaan Moodle dalam Pembelajaran). Sustainability (Switzerland), 11(1).

Rokhayah, L. (2019). DESAIN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN INSTRUKSI DAN SOAL SESUAI VARIASI INDIVIDU SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1706

Sawitri, D. (2021). Penggunaan Google Classroom bagi Para Guru di Lingkungan Perg. Muhammadiyah MTS Cabang Medan Baru. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01). https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.380

S.T., M. T. I. R. P. (2020). Implementasi Algoritma Sift Pada Aplikasi Media Pembelajaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Augmented Reality Melalui Android. In Jurnal Buffer Informatika.

Sulfikar, S., & Nurul Fawzani. (2023). PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT MAHASISWA. Jurnal Tahsinia, 4(1). https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.337

Syahril, A., Irmani, I., Koto, M. K., Jalil, L. A., Sinaga, M. H. S., S.Ag, S. A., & Kurnia, D. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Platform Beasiswa Scholar Solve berbasis AR dan VR dalam Mendukung SDGs Poin ke 4. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1).

Taflikhati, M. N., & Canta, D. S. (2022). Penerapan Metode Importance Performance Analysis untuk Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Google Classroom. Jurnal Sosial Teknologi, 2(4). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.327

Yuliharti, Y. (2022). The Use of Learning Media in Islamic Religious Education Learning to Grow Students’ Interest in Learning. Ijd-Demos, 4(3). https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.294

Yunita, B. S. W., Ismail, M., & Kurniawansyah, E. (2022). Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring di Era New Normal pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 2 Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.976




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v4i2.30401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: