DINAMIKA RESEPSI AUDIENS DALAM MENGONSUMSI KONTEN INFORMATIF AKUN X @KAI121
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan pola komunikasi institusi dengan publik, termasuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang memanfaatkan media sosial X melalui akun @KAI121. Pesan-pesan informatif yang disampaikan KAI melalui akun X, tidak selalu diterima, dipahami, atau dimaknai dengan cara yang sama oleh audiens. Penelitian ini bertujuan menganalisis resepsi followers terhadap konten informatif yang disampaikan akun tersebut. Menggunakan teori Encoding-Decoding dari Stuart Hall dan pendekatan kualitatif dalam paradigma post-positivisme, penelitian ini memposisikan audiens sebagai subjek aktif dalam proses pemaknaan pesan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas informan berada pada posisi hegemoni dominan dan negosiasi, menilai konten @KAI121 sebagai informatif, relevan, dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan perjalanan. Namun, sebagian audiens mengkritik konten yang dianggap kurang mendalam dan membutuhkan peningkatan dari segi kejelasan serta kedalaman informasi. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi komunikasi digital yang responsif dan adaptif terhadap kebutuhan publik dalam era media baru.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/reputasi.v21i02.36197
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/reputasi.v21i02.36197.g10024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341



