RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-LOGISTIC SEMBAKO MENGGUNAKAN METODE FIFO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: CV Tunas Sumber Rejeki)

Roy Morado, Ratna Mutu Manikam

Abstract


Perkembangan media teknologi dalam penyampaian informasi semakin lama semakin cepat dan akurat. Untuk itu dalam mengelola informasi dibutuhkan teknologi yang baik. Persediaan barang merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam dukungan pengadaan barang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. CV Tunas Sumber Rezeki dalam proses pengolahan data persediaan dan pembuatan laporannya masih menggunakan cara yang manual. Dilihat dari prosesnya hal itu akan sering mengalami masalah diantaranya, data yang disimpan sering hilang, membutuhkan waktu yang lama untuk mengolah dan mencari data persediaan barang yang diperlukan, sering terjadi duplikasi data, pembuatan laporan lebih lama dan hasilnya pun kurang akurat kemudian sering terjadi kesalahan dalam penginputan suatu data. Pembuatan program merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan adanya program ini dapat tercapai suatu kegiatan yang tepat waktu dan terjamin keamanannya dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Dengan kemudahan fasilitas yang disediakan dalam portal website ini, diharapkan dapat memberikan informasi mengenai berbagai sembako secara mudah, cepat, tepat, dan akurat.


Kata kunci: Barang Keluar dan Barang Masuk, Berbasis Web, E-Logistic


Full Text:

PDF

References


S. Bakhri, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEMBAKO MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL ( Studi Kasus : Koperasi Karyawan PT. Frisian Flags),” J. Khatulistiwa Inform., 2015.

(Unisbank, 2018 ) RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN SEMBAKO BERBASIS WEB MOBILE https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5908 Diakses pada tanggal 10/11/2020

Putra, H. (2019). EVALUASI DAN PEMETAAN REGULASI TERKAIT DIGITALISASI LOGISTIK DALAM MENGHADAPI INDUSTRI 4.0. Jurnal Transportasi Multimoda. https://doi.org/10.25104/mtm.v17i1.1254

S. A. Solekha, J. Pramono, and S. Rihastuti, “Komputerisasi penilaian persediaan barang dagang dengan metode fifo pada distro wallnut invansion boyolali,” J. EKA CIDA, vol. 2, no. 1, pp. 21–29, 2017.

Meisak, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Metode Fifo Pada Pt.Shukaku Jambi. Jurnal MEDIASISFO, 11(2), 862–875.

Fauziah, S., & Ratnawati. (2018). Penerapan Metode FIFO Pada Sistem Informasi Persediaan Barang. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 98–108.

Julianto Simatupang, “Perancangan Sistem Inventori barang pada toko nicholas jaya menggunakan metode FIFO”J. Intra tech, 2017

P. S. NUGROHO, “SISTEM PERSEDIAAN JENIS IKAN BERDASARKAN FIFO PADA BUDIDAYA IKAN CUPANG,” Tek. Inform., pp. 1–8, 2016.

E. B. Prasetya, “Pembuatan Aplikasi Car Storage Dengan Menggunakan Metode Fifo ( First in First Out ) Berbasis Web,” Elektum, vol. 14, no. 1, p. 45, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.