Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) Studi Kasus : Sekolah Tinggi ABC

Suhaeri Suhaeri, Bayu Waseso

Abstract


Tugas akhir merupakan persyaratan setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan diperguruan tinggi dan untuk dapat membuat atau menyusunnya wajib melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian dapat terlaksana setelah sebelumnya terpenuhi semua ketentuan administrasi yang ditetapkan oleh pimpinan program pendidikan yang dalam hal ini adalah Unit Jurusan Sekolah Tinggi ABC.
Untuk dapat menyelesaikan laporan tugas akhir pada Sekolah Tinggi ABC terdapat tahapan yang harus ditaati oleh mahasiswa mulai dari pengajunan Idea Concept Paper (ICP), usulan dosen pembimbing, proses bimbingan, pengajuan proposal hingga tugas akhir, seminar dan sidang tugas akhir yang sampai saat ini dilakukan secara tercatat (based-paper).
Disisi lain bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahun berdampak pada peningkatan beban kerja khususnya dalam mengelola administrasi tugas akhir pada Unit Jurusan, oleh karenanya untuk mengatasi keadaan ini sekaligus meningkatkan kinerja pelaksanaan kegiatan administrasi tugas akhir dibutuhkan sistem yang dapat membantu memberikan layanan maksimal, sistem atau aplikasi. Sistem tersebut diberi nama Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) yang melibatkan mahasiswa, petugas administrasi, dosen dan ketua prodi atau jurusan dalam proses penyelenggaraannya, kelebihan sistem informasi ini adalah membantu proses pengelolaan tugas akhir secara efisien serta dapat mengatasi keterbatasan tempat/sarana penyimpanan berkas pada saat tahapan pengumpulan tugas akhir mahasiswa.
Keywords—Tugas Akhir, Idea Concept Paper (ICP), Sistem Informasi


Full Text:

PDF

References


R. Fahari et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Tugas Akhir di Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Syiah Kuala,” pp. 89–96, 2017.

K. Anam, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Mursyidiyyah Al-‘Asyirotussyafi’Iyyah,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 207–217, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.8867.

AS Muhammad Ali dan and Noer Azni Septiani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Studi Kasus: MADRASAHALIYAH AL-MANSYURIYAH KANZA MEKARJAYA TANGERANG,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 80–88, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/316.

R. Adiwinata, E. A. Sarwoko, and I. Indriyati, “Sistem Informasi Tugas Akhir & Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Menggunakan Metode Unified Process,” J. Masy. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 51–62, 2012, doi: 10.14710/jmasif.2.3.51-62.

H. Sastypratiwi and A. Dwiyani, “Perancangan Aplikasi Daring Bimbingan Tugas Akhir,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 50–53, 2016, doi: 10.26418/jp.v2i1.15536.

S. T. Faulina, “PENERAPAN METODE SWOT PADA SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN (Studi Kasus:SMA TRISAKTI BATURAJA),” JUTIM (Jurnal Tek. Inform. Musirawas), vol. 4, no. 1, pp. 28–38, 2019, doi: 10.32767/jutim.v4i1.425.

F. Constantianus and B. Suteja, “Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi,” J. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 93–106, 2005.

S. Rahayu, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Universitas Merc Buana,” J. Ilm. FIFO, vol. 8, no. 1, p. 85, 2016, doi: 10.22441/fifo.v8i1.1303.

P. Anggaeni and B. Sujatmiko, “Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web (Studi Kasus D3 Manajemen Informatika Te Ft Unesa),” J. Manaj. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 37–45, 2014.

A. Dwiyani, “Perancangan Sistem Pendukung Bimbingan Online Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika,” J. Ilm. Bimbing. Konseling, vol. 1, no. 3, pp. 171–175, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.