Gamifikasi untuk Belajar Pemrograman menggunakan Chatbot pada Platform Discord

Rinto Priambodo, Trie Maya Kadarina

Abstract


Kondisi pandemi akibat penyebaran virus COVID-19 di seluruh dunia memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan berusaha melakukan semua kegiatan di rumah termasuk kegiatan belajar. Model pembelajaran e-learning telah banyak diselenggarakan sejak sebelum masa pandemi termasuk di antaranya untuk kebutuhan belajar pemrograman. Namun demikian aktifitas ini tidak selalu berjalan lancar dan efektif. Kurangnya waktu interaksi dengan pengajar menjadi salah satu penyebab selain kurangnya motivasi yang muncul selama pembelajaran dengan sistem daring. Platform komunikasi seperti Discord dapat menjadi alternatif untuk memfasilitasi interaksi dengan pengaj ccccar dan dengan digunakannya chatbot tidak hanya materi pelajaran yang dapat diakses kapan pun tapi juga interaksi dengan pengajar. Selain itu pemanfaatan gamifikasi yang melibatkan elemen-elemen permainan dalam pembelajaran seperti pemberian peringkat, persaingan, dan pemberian umpan balik instan dapat juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan proof-of-concept dari sebuah aplikasi chatbot pada platform Discord yang populer di kalangan pelajar untuk menyediakan perangkat belajar bahasa pemrograman secara daring dengan konsep gamifikasi. Dari aplikasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi alternatif untuk digunakan dalam sistem pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: chatbot, Discord, e-learning, gamifikasi


Full Text:

PDF

References


Mailizar, A. Almanthari, S. Maulina, dan S. Bruce, “Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., 2020.

F. L. Khaleel, N. S. Ashaari, dan T. S. M. T. Wook, “An empirical study on gamification for learning programming language website,” J. Teknol., 2019.

S. Combéfis, G. Beresnevičius, dan V. Dagiene, “Learning programming through games and contests: Overview, characterisation and discussion,” in Olympiads in Informatics, 2016.

R. Ibrahim, N. Z. A. Rahim, D. W. H. Ten, R. C. M. Yusoff, N. Maarop, dan S. Yaacob, “Student’s opinions on online educational games for learning programming introductory,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., 2018.

A. N. Wulanjani, “Discord Application:Turning a Voice Chat Application for Gamers into a Virtual Listening Class,” in 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 2018.

G. Konstantinou dan J. Epps, “Facilitating online casual interactions and creating a community of learning in a first-year electrical engineering course,” in Proceedings of 2017 IEEE International Conference on Teaching, Assessment and Learning for Engineering, TALE 2017, 2017.

V. Kruglyk, D. Bukreiev, P. Chornyi, E. Kupchak, dan A. Sender, “Discord platform as an online learning environment for emergencies,” Ukr. J. Educ. Stud. Inf. Technol., 2020.

M. Dahiya, “A Tool of Conversation: Chatbot,” Int. J. Comput. Sci. Eng., 2017.

P. Smutny dan P. Schreiberova, “Chatbots for learning: A review of educational chatbots for the Facebook Messenger,” Comput. Educ., 2020.

D. Cohen dan I. Sasson, “Online quizzes in a virtual learning environment as a tool for formative assessment,” J. Technol. Sci. Educ., 2016.

Q. Liu, J. Huang, L. Wu, K. Zhu, dan S. Ba, “CBET: design and evaluation of a domain-specific chatbot for mobile learning,” Univers. Access Inf. Soc., 2020.

F. Clarizia, F. Colace, M. Lombardi, F. Pascale, dan D. Santaniello, “Chatbot: An education support system for student,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2018.

W. Febriantoro dan A. Nurhadi, “Perancangan Intelligent Tutoring System Menggunakan Chatbot pada Mata Pelatihan Barang Dalam Keadaan Terbungkus,” PANCANAKA J. Kependudukan, Keluarga, dan Sumber Daya Mns., 2020.

D. Carlander-Reuterfelt, A. Carrera, C. A. Iglesias, O. Araque, J. F. S. Sanchez Rada, dan S. Munoz, “JAICOB: A Data Science Chatbot,” IEEE Access, 2020.

S. Hobert, “Say hello to ’Coding Tutor’! Design and evaluation of a chatbot-based learning system supporting students to learn to program,” in 40th International Conference on Information Systems, ICIS 2019, 1984.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.