Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMA Negeri Kota Bekasi

Bari Anandanu Wibowo, Iin Ernawati, Nurul Chamidah

Abstract


Masa pandemi covid-19 mengubah segala aspek kehidupan, salah satunya terhadap kegiatan belajar mengajar. Perubahan dalam kegiatan belajar mengajar juga merubah standar efektivitas dalam pembelajaran daring. Efektivitas dalam pembelajaran daring mempunyai beberapa variabel yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Pada penelitian ini yang akan diteliti adalah memprediksikan efektivitas pembelajaran daring berdasarkan variabel yang tersedia dengan menggunakan metode klasifikasi. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode klasifikasi pohon keputusan algoritma C4.5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa sekolah menengah keatas di Kota Bekasi. Data yang sudah dikumpulkan akan dilakukan pra proses data dengan pembersihan dan seleksi data. Data kemudian diterapkan proses algoritma C4.5 dengan melatih dan menguji data. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah dalam penggunaan algoritma C4.5 ditemukan bahwa semua variabel mempengaruhi efektivitas pembelajaran daring dan performa algoritma C4.5 mendapatkan rata-rata akurasi sebesar 69% setelah melakukan evaluasi dengan metode k-fold cross validation dengan nilai k sebesar 4.

Full Text:

PDF

References


Simatupang, Nova Irawati, Sri Rejeki Ignasia Sitohang, Angelia Patricia Situmorang, & Ismenny Martalena Simatupang. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana, Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol.13, No.2.

Sari, Dewi Ratna, & Fairuza Amrozi. 2020. Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Politeknik Penerbangan Surabaya. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, Edisi XXVIII, Vol 5, No 2.

Kurniasari, Asrilia, Fitroh Setyo Putro Pribowo, & Deni Adi Putra. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil

Penelitian, Vol 6, No 3.

Sunge, Aswan Supriyadi. 2018. Prediksi Kompetensi Karyawan Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Pt Hankook Tire Indonesia). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018

Abdullah, Walib. 2018. Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. IAI Al - Khairat Pamekasan: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol. 7. No.1.

Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Alih Bahasa: Nurulita, Nusa Media, Bandung.

Rahmayuni, Indri. 2014. Perbandingan Performansi Algoritma C4.5 dan Cart dalam Klasifikasi Data Nilai Mahasiswa Prodi Teknik Komputer Politeknik Negeri Padang. Jurnal TEKNOIF, Vol.2 No.1.

Widodo, Prabowo Pudjo., Handayanto, Rahmadya Trias., & Herlawati. 2013. Penerapan Data Mining Dengan Matlab. Penerbit Rekayasa Sains, Bandung.

Haltuf, M.. 2011. University of Economics in Prague. Faculty of Business Administration.

Brownlee, J.. 2016. Master Machine Learning Algorithms: Discover How They Work And Implement Them From Scratch. Jason Brownlee.

Han, J., M. Kamber, & J. Pei. 2011. Data Mining: Concepts And Techiniques. Elsevier.

Xhemali, D., Hinde, C. J., & Stone, R. G.. 2009. Naive Bayes Vs. Decision Trees Vs. Neural Networks In The Classification Of Training Web Pages. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 4, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.