ANALISIS VARIABEL PROMOSI, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUSANA MUSLIM RABBANI

Yuli Harwani, Renny Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, citra merek, kualitas produk terhadap keputusan pembelian Busana Muslim Rabbani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampelnya berjumlah 190 yang telah menggunakan Busana Muslim Rabbani di area Pondok Aren Tangerang Selatan menggunakan metode purposive sampling dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif siginifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek tidak berpengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif siginifikan terhadap keputusan pembelian

Keywords


Promosi, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aprisal, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. EJournal Ilmu Administrasi Bisnis (Studi Kasus Pada Great Store Clothing samarinda), 5(3), 815–826. Retrieved from http://ejournal.adbisnis.fisipunmul.ac.id.

Bahri, Saeful. (2015). Analisi marketing mix-7 (product, price promotion, place, people, physical, evidence and process) terhadap keputusan pembelian di toko busana muslim al hakim purwakarta jawa barat. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Daniel, R., & Augusty,Tae, F. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta), 6, 1–15. Retrieved from http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/management.

Eky, J. L., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butikqta Ponorogo, 01(02), 1–9. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Eza, A. S., Sri, R., & Henni, N. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Rabbani Di Pekanbaru, 2, 12. Retrieved from https://jom.unri.ac.id.

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial least Square (PLS), Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. (2009). Edisi Baru Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hariadi, Doni dan Soebari Martoatmojo. 2013. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 1 (1) 67-87

Indrawati, D. (2016). "Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya,” Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302. trieved from https://doi.org/10.17970/jrem.15.150207.id

J. Paul Peter dan Jerry C. Olson (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarata: Salemba Empat

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. (2016). Marketing Management, 15th edition. New jersey: Pearson Hall, Inc.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller, (2012), Marketing Management, 14th Global Edition, Pearson Education Inc., New Jersey.

Mukarromah, D. M., Hufron, M., & A.B.S, M. K. (2013). Prodi manajemen. Analisis Hubungan Promosi, Harga, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pashmina Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang), (2015), 64–78. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id

Noor, Juliansyah. (2011). Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Pratiwi, A. L. (2017) ‘Pengaruh Gaya hidup, Citra Merek, dan Atribut Produk, terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya di Jakarta Selatan’, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, p. 154.

Putra. (2018). Pengaruh desain, kualitas produk, harga, merek, dan promosi terhadap keputusan pembelian busana muslim pada galeri Elzatta Palembang Square Mall. Skripsi. Universitas Negeri Raden Fatah Palembang.

Prasetijo, R dan Ihalauw, J. (2005). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi Offset

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Schiffman, L.G dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Terjemahan Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.

Sekaran & Bougie. (2013). Edisi 5, Research Methods for Business: A skill Building Approach. New York: John Wiley@sons.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Solomon, M.R. (2009). Consumer Behaviour: Buying, Having, Being, 9th ed, Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Sopiah, Sangadji. (2013). Prilaku Konsumen. Jilid. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, eza aprilia, Restuti, S. and Noviasari, H. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Rabbani Di Pekanbaru, Jurnal Manajemen 2, p. 12.

Sisilia, O. U., Altje, T., & Djurwati, S. (2015). Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square, 3(1), 1096–1105. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id

Sondakh, Cony. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 3 (1). .

Sulistiana, A., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Advertising Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Hijab Elzatta Di Kota Bandung Tahun 2017 (Studi Kasus Konsumen Elzatta Bandung). Issn 2442-5826, 3(2), 593–599. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id

Tjiptono. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada, (2013), h.44.

Zein, Ratu Marsya C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Citra Merek Distro Sanels Denim. Bandung: Universitas Widyatama.

bps.go.id (diakses pada tanggal 13 April 2018)

http://djpen.kemendag.go.id (diakses pada tanggal 13 April 2018)

www.topbrand-award.com (diakses pada tanggal 13 April 2018)

www.rabbani.co.id (diakses pada tanggal 22 Desember 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v10i3.16788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.