PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, ATRAKSI WISATA DAN MOTIVASI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE MUSEUM (Studi Kasus Pada Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara)

Pramudito Onggo, Agus Arijanto, Christina Catur Widayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth, atraksi wisata dan motivasi wisata terhadap minat berkunjung generasi millennial ke Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Museum MACAN. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 150 responden yang berumur 20 sampai 39 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung, atraksi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dan motivasi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung.

Keywords


electronic word of mouth; atraksi wisata; motivasi wisata; minat berkunjung

Full Text:

PDF

References


Abdulhaji, S., Sina, I., & Yusuf. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano Vol. 7 No. 2.

Amirudin, Faril. (2011). Kajian Potensi Wisata Ketetep Pass Dalam Analisis Spasial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Aprilia, Kumadji, & Kusumawati. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 24 Nomor 1, Malang: Universitas Brawijaya.

Arumni, Klementin Vida. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded dan Peran Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Berbasis Android. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Christina, P., Damayanti, T., Khabib, B.S, & Satrio, A. (2016). Waktu Luang dan Dinamika Kepariwisataan.

https://crateridea.blog.uns.ac.id/2016/09/09/waktu-luang-dan-dinamika- kepariwisataan/

Data DKI Jakarta. (2020). Data Jumlah Kunjungan Museum Di Jakarta. https://data.jakarta.go.id/dataset/pengunjungmuseummenurutjenismuseum dkijakarta.

Data DKI Jakarta. (2020). Data Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Marga Satwa Ragunan. https://data.jakarta.go.id/dataset/data-jumlah- kunjungan-wisawatan-nusantara-ke-taman-marga-satwa-ragunan.

Data DKI Jakarta. (2020). Data Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Mini Indonesia Indah. https://data.jakarta.go.id/dataset/data-jumlah- kunjungan-wisawatan-nusantara-ke-taman-mini-indonesia-indah.

Favian. (2017). Pengaruh Motivasi Wisata dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung ke Daya Tarik Goa Pindul.

Femina. (2013). Ciri Khas Gen Y. https://www.femina.co.id/article/ciri-khas-gen-y-..

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro, Semarang

Fitri, A., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung serta dampaknya pada Keputusan Berkunjung: Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 24, No. 2,

Gaffar, V. (2011). Pengaruh Strategi Positioning Museum Terhadap Kunjungan Wisata Edukasi di Kota Bandung (Survey Segmen Pasar Generasi Y). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol. I, No. 1,

Ghozali, Imam, & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan.

Semarang: BP Undip.

Goyette, I, Richard, L, Bergeron, J & Marticotte, F. (2010). E-WOM Scale Word- Of-Mouth Measurement Scale. For E-services content, Canadian Journal of Administrative.

Henny, H. (2017). Pencitraan Museum Untuk Meningkatkan Kunjungan.

Isnaini, P. R., & Abdillah, Y. (2018). Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya pada Minat Kunjung Ulang ( Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millenial ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 55 No. 2.

Jalilvand. (2012). 30 The Effect of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning.

Juwita, & Ratna, I. A. (n.d.). Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Tata Kelola Seni.

Kamil, S., Fitroh, A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survey pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 42 No.2.

Komarac, T. (2014). A New World for Museum Marketing? Facing the Old Dilemmas while Challenging New Market Opportunities. Trziste, Vol. 26 No. 2.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2013). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jakarta: Erlangga Jakarta.

Lusi, S. (2008). Pengaruh Promotional Mix Pada Peningkatan Volume Penjualan Kosmetika Skiva PT. Cosmolab Prima di Purwokerto.

Mabrur, M. (2015). Ketersediaan Areal Parkir, Kelengkapan Barang, Lokasi, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sebagai Variable Intervening Minat Konsumen Berkunjung pada Minimarket Alfamart di Kotamadya Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol.4 No.2.

Maulidi, W. S., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Wisata Muara Bengawan Solo, Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 71 No. 1.

Maulidin, R. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure Vol. 14, No. 2.

Maulidiya, D. R., & Sunarti. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 55 No. 1.

Museum MACAN (2021). https://www.museummacan.org.

Novrisa, D. (2013). Pengaruh Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Belitung Terhadap Perilaku Pasca Berkunjung Wisatawan Nusantara.

Nuraeni, Bellinda Sofia. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang, Universitas Diponegoro Semarang.

Oktavia, P. (2019). Siapkan Agenda Anda! Program Tahun 2019 di Museum MACAN. https://www.casaindonesia.com/article/read/3/2019/984/Siapkan-Agenda- Anda-Program-Tahun-2019-di-Museum-MACAN.

Pitana, I Gede & Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Ramdani, D., & Adiatma, D. (2018). Pengaruh Atraksi Wisata Alam dan Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kawasan Wisata Ciwidey dan Pangalengan. Jurnal Wacana Ekonomi Vol. 18; No. 01.

Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Kota Surabaya 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 28 No. 1.

Ratnaningrum, P., Yulianto, & Mawardi. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37 No. 2.

Riantika, Irma. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Curug Sidoharjo.

Sari, D., Kusumah, A., & Marhanah, S. (2018). Analisis Faktor Motivasi Wisatawan Muda Dalam Mengunjungi Destinasi Wisata Minat Khusus. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Volume 1, Nomor 2.

Sindunata, I., & Wahyudi, B. A. (2017). Pengaruh E-Wom (Electronic-Word-Of- Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Di agoda.com.

Siri, Raktida, Lisa, K., Bharath, J., & Daniel, S. (2012). Exploring Indian Tourist Motivation and Perception of Bangkok. Tourismos : An International Multidisciplinary Journal of Tourism.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwena, I Ketut, W., I Gusti, N. (2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata.

Cetakan Pertama. Udayana University Press.

Suryadan,. Octavia. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata, Alfabeta Bandung.

Ummah, Z. A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Motivasi Berkunjung Terhadap Keputusan Berkunjung (Survey Pada Pengunjung Batu Night Spectacular). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 45 No.1.

Widiyarti, Y. (2019). Bidik Generasi Milenial, Museum Perlu Punya Tempat Instagramable. https://gaya.tempo.co/read/1259231/bidik-generasi- milenial-museum-perlu-punya-tempat-instagramable.

Widyanto, A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh E-WOM di Instagram Terbahap Minat Berkunjung dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survey pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 45 No.1.

Winarta, K. (2018). Museum MACAN, Destinasi Kekinian Anak Milenial. https://travel.trubus.id/baca/8117/museum-macan-destinasi-kekinian-anak- milenial.

Wiweka, K., Wachyun, S. S., Rini, N. A., Adnyana, I. N., & Adnyana, P. P. (2019). Perilaku Berwisata Wisatawan Generasi Milenial Di Jakarta Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4, No. 3.

Wulan, M. K., Romana, F. (2017). Generasi Y Doyan Pindah - Pindah Kerja.https://nasional.kompas.com/read/2017/02/11/17141441/generasi.y.doyan. pindah-pindah.kerja.simak.kompas.minggu.11.2.2017.

Yofina Mulyati, H. M. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Destinasi Wisata Kota Bukittinggi. JURNAL EKONOMI & BISNIS DHARMA ANDALAS VOLUME 20 NO 1,.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v11i2.17010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.