MODEL KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNAAN APLIKASI PEMBAYARAN GO-PAY DENGAN VARIABEL PROMOTION, PERCEIVED EASE OF USE DAN TRUST

M Andi Sutrisno, Shinta Rahmani

Abstract


Meningkatnya penggunaan internet dan telepon pintar semakin membuka peluang transaksi digital di Indonesia. Dengan jumlah populasi sebanyak 264 juta jiwa dan didukung oleh generasi z yang lahir di era digital akan memicu pertumbuhan fintech (financial technology) domestik. Strategi para penyedia platform pembayaran digital untuk menarik dan membiasakan pelanggan dalam penggunaan sehari-hari. Salah satunya adalah Go-Pay, sebuah fitur pembayaran digital yang tersedia didalam aplikasi Go-Jek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada penggunaan aplikasi pembayaran Go-Pay. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Jakarta dan sekitarnya. Dihitung berdasarkan rumus Heir et al, Sample yang dipergunakan adalah sebanyak 136 pelanggan, Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan SPSS AMOS. Penelitian ini membuktikan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords


Fintech, Promosi, kemudahan penggunaan, kepercayaan, kepuasan pelanggan, SPSS AMOS, Go-Pay.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v11i1.17151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.