PENGARUH TARIF ANGKUTAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRABBIKE PADA PERUSAHAAN GRAB INDONESIA

Tjipto Setiawan

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat membawa perubahan padakehidupan manusia, khususnya dalam bidang sarana transportasi. Grab Indonesia bertekat untuk menjadi perusahaan berbasis online nomor satu di Indonesia. Tarif angkutan dan Brand Image merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Grabbike. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tarif angkutan dan brand image baik secaraparsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan Grabbike pada perusahaan Grab Indonesia. Penelitianini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data kualitatif yang digunakan melalui perhitungan statistik yaitu: Uji Instrumen (Uji Validitas dan Realibilitas), Uji Statistik (Uji T Parsial, Uji F Simultan, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Berganda),dan Uji Asumsi Klasik (Uji Heteroskedastisitas dan Multikolinearitas).Hasil penelitian menemukan bahwa: hasil uji t secara parsial (X1 terhadap Y) menunjukkan hasil yangpositif dengan nilai koefisien 0,110 sedangkan hasil uji t secara parsial (X2 terhadap Y) menunjukkan hasilyang positif dengan nilai koefisien 0,136. Hasil analisis uji F secara simultan terdapat hasil dengan nilai signifikan sebesar 0,187 > 0,05 yang artinya variabel tarif angkutan dan brand image secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Diantara variabel bebas (X1 dan X2) ditemukanvariabel yang paling dominan terhadap loyalitas pelanggan (Y), yaitu variabel tarif angkutan (X1). Haltersebut dibuktikan dengan kontribusi dari variabel tersebut merupakan yang paling positif terhadap loyalitaspelanggan.

Keywords


Tarif Angkutan, Brand Image, dan Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v11i1.17152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.