PENILAIAN KUALITAS VISUAL DI MEDIAN JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM, KOTA BANDAR LAMPUNG

Salsabila Lady Al’idza Nurin, Rizka Nabilah, Cipta Vidyana

Abstract


Jalan ZA. Pagar Alam sebagai salah satu jalan arteri primer di Kota Bandar Lampung, sebagai jalan yang menghubungkan pusat kegiatan nasional dengan pusat kegiatan wilayah. Perlu adanya penataan jalur hijau jalan untuk meningkatkan kualitas udara dan menciptakan kualitas visual kawasan perkotaan yang dapat menjadi identitas dan indikator keadaan kualitas visual lanskap kota Bandar Lampung. Bentuk tajuk pohon merupakan salah satu elemen yang dapat menciptakan keindahan serta dapat memberikan kesan psikologis bagi pengguna ruang, namun masih belum banyak dipertimbangkan dalam perencanaan lanskap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kualitas visual dan fungsi pohon berdasarkan bentuk tajuk pohon yang digunakan pada median Jalan ZA. Pagar Alam. Sehingga dapat menciptakan lanskap jalan yang nyaman dan indah. Metode dalam penelitian ini menggunakan SBE (Scenic Beauty Estimation) untuk mendapatkan nilai kualitas visual berdasarkan bentuk tajuk pohon. Nilai SBE terendah yaitu terdapat pada segmen 2 gambar ke satu pada kuesioner (nilai SBE: - 6,8) merupakan penataan tanaman massal sejenis. Pada segmen tersebut hanya terdapat satu bentuk tajuk dengan penggunaan satu jenis tanaman yaitu Bunga Kertas, sehingga menciptakan visual yang monoton dan kurang menarik. Padapada grafik penilaian oleh mahasiswa lanskap nilai tertinggi yaitu pada segmen 1 gambar ke dua pada kuesioner (nilai SBE; 16,9).


Keywords


Jalan ZA. Pagar Alam sebagai salah satu jalan arteri primer di Kota Bandar Lampung, sebagai jalan yang menghubungkan pusat kegiatan nasional dengan pusat kegiatan wilayah. Perlu adanya penataan jalur hijau jalan untuk meningkatkan kualitas udara dan menci

References


Agustin, O.D. 2020. Penilaian Kualitas Estetika Visual Lanskap Pada Koridor Jalan Raya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Jurnal Arsitektur Lanskap Indonesia Vol. 13, No. 2

Aji, DA. (2018). Evaluasi Potensi Fungsi Tanaman Sebagai Penyerap Polutan Gas Co2 Pada Lanskap Jalan Regional Ring Street Kota Bogor [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Booth, N.K. 1983. Basic Elements of Landscape Architectural Design. Waveland Press Inc. 315p.

Chandra, et al. 2018. Evaluasi Kualitas Estetika Dan Daya Dukung Taman Bukit Bougenville Kota Singkawang. Jurnal Arsitektur Lansekap. Vol. 14, No. 2.

Daniel, T. C. dan R. S. Boster. 1976. Measuring Landscape Esthethics : The Scenic Beauty Estimation Method. Journal of Landscape Horticulture. 40(2):296-300.

H Aditiawan, M.V. (2016). Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan Lalu Lintas Pada Koridor Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Di Kota Bandar Lampung [Tesis]. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Listyarini, Lipur. 2011. Pengaruh Tekstur Pohon Terhadap Persepsi Ruang Dan Keindahan [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

[Permen] Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomo 14 Tahun 2022 Tentang Penyediaan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau

[Permen] Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2012 Tentang Pedoman Penanaman Pohon Pada System Jaringan Jalan.

[Permen] Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2023 Tentang

Persyaratan Teknis Jalan Dan Perencanaan Teknis Jalan.

[Perda] Peraturan Daerah Kota Bandar lampung Nomor 10 Tahun 2011 Tentang RTRW Tahun 2011-2030.

[Perda] Peraturan Daerah Kota Bandar lampung Nomor 4 Tahun 2021 Tentang RTRW Tahun 2021-2041.

Porteous, J. L. 1983. Enviromental Aesthetich: Idea, Politics and Planning.

Rizka, Jania. 2009. Evaluasi Tata Hijau Jalur Hijau Jalan Kota Pekanbaru [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Simonds, J.O. 1983. Landscape Architecture. Mc.Graw-Hill, Inc. United States of America.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2024.v14i1.002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/24758

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats