IDENTIFIKASI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT BAJO DALAM MEMBUAT ATAP DAUN NIPAH (nypa fructicans)

Muhammad zakaria Umar, Irma Amryana Suhartiwi, Ali Fitrah, Zamiul Zamiul

Abstract


Konsep rancang bangun yang bernuansa lokal tidak lagi tertumpu pada kearifan lokal, karena tren bagi perancang lokal agar terlihat moderen diambil dengan cara meniru konsep asing. Salah satu kearifan lokal yang dimanfaatkan sumber daya hayatinya dan masih digunakan oleh masyarakat pesisir adalah material atap daun nipah. Material atap daun nipah digunakan juga oleh masyarakat Kampung Bajo, Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli, Kota Kendari. Budaya menjahit atap daun nipah telah dilakukan dengan metode turun-temurun. Pohon nipah-pohon nipah di daerah tersebut telah mengalami kepunahan karena reklamasi pantai. Sehingga, daun nipah diambil dari kampung lain yang masih melimpah. Material atap daun nipah masih dibuat dengan metode tradisional seperti bahan-bahan, alat-alat kerja, dan tahap pembuatannya. Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kearifan lokal masyarakat Kampung Bajo dalam membuat atap daun nipah. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan diskusi mendalam. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif naratif. Penelitian ini disimpulkan bahwa atap daun nipah mengandung kearifan lokal, sebagai berikut: Alat-alat kerja yang digunakan sederhana seperti parang, gergaji, dan pisau; Bahan-bahan yang digunakan menciptakan kelestarian lingkungan seperti daun nipah dan kayu bambu, dan; Tahap-tahap material atap daun nipah dibuat bersifat tradisional seperti tahap daun nipah direndam air laut, tahap daun nipah dijahit, dan tahap daun nipah dikeringkan.

Kata kunci: Material atap daun nipah


Full Text:

PDF

References


Astuti, J., Yoza, D., dan Sulaeman, R, (2016), Potensi Biomassa Nipah (nypa fruticans wurmb.) Di Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, JOM Faperta Vol. 3, No. 1, Februari.

Danandjaja, James. 2008, Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-lain. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Ernawi, I., S. 2009. Kearifan Lokal Dalam Perspektif Penataan Ruang. Direktorat Jenderal Penataan Ruang Departeman Pekerjaan Umum. Nasional, in “Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Perencanaan dan Perancangan Lingkungan Binaan.” PPI Rektorat Universitas Merdeka Malang, 7 Agustus.

Fauziah, N., 2014, Karakteristik Arsitektur Tradisional Papua, in Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2.

Karyono, T., H., 2010, Green Architecture Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau Di Indonesia, Cetakan ke-1, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Naing, N., Santoso, H., R., dan Soemarno, I. 2009. Kearifan Lokal Tradisional Masyarakat Nelayan Pada Permukiman Mengapung di Danau Tempe Sulawesi Selatan, in Seminar Nasional “Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Perencanaan dan Perancangan Lingkungan Binaan.” PPI Rektorat Universitas Merdeka Malang, 7 Agustus.

Pambudi, G., Asriningpurin, H., Kurniawati, F. 2015. Teknologi Hijau Warisan Nenek Moyang di Tanah Parahyangan, Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, Vol. 7, No. 1, Januari, pp. 51-65.

Rahayu, M., & Harada, K. 2004. Peran Tumbuhan Dalam Kehidupan Tradisional Masyarakat Lokal Di Taman Nasional Gunung Halimun Jawa Barat, Berita Biologi, Edisi Khusus: Biodiversitas Taman Nasional Gunung Halimun (HI), Vol. 7, No. 1, April dan No. 2, Agustus.

Sitompul, A., V. 2005. Pengaruh Waktu Perendaman Dan Konsentrasi Kolkhisin Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (lactuca Sativa, L), Undergraduate thesis, Duta Wacana Christian University.

Susanti, E. 2001. Pengawetan Bambu Tali (Gigantochloa Opus Kurz) Dengan Menggunakan Metode Boucherie. Undergraduate thesis, Jurusan Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Triwibowo, R. 2000. Pengaruh Penundaan Perendaman Setelah Penebangan Terhadap Penurunan Kandungan Pati Bambu Andong (Gigantochloa Verticillata Monro).

Yeni, L., F., Hidayat, A., dan Marlina, R, 2011, Isolasi dan Aktivitas Fermentasi Bakteri Asam Asetat pada Nira Nipah nypa fruticans, Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 2, No. 1, Januari, pp. 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vitruvian



Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats