“Strategi Media Relations dan Kaitannya dengan Citra Perusahaan” (Studi Kasus Proses Transformasi OT Grup)
Abstract
ABSTRAK
Perusahaan OT Grup telah eksis sejak tahun 1948 di Indonesia, kini tumbuh dengan memiliki 400 varian produk yang dikelola berdasar beberapa cluster produk yaitu makanan, minuman, perawatan, serta kebersihan dan sanitasi. Perusahaan mengusung spirit “Go Beyond” dimana perusahaan ingin dikenal selalu melihat selangkah lebih ke depan, tidak pernah menyerah dan selalu mengedepankan inovasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi hubungan media OT Grup dan kaitannya dengan citra perusahaan. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data indepth interview. Hasil penelitian menyatakan bahwa OT Grup menjalankan strategi media relations dengan fokus 3 kegiatan yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Dalam mengelola relasi, OT Grup membangun hubungan baik dengan pimpinan media dan wartawan. Dalam mengembangkan strategi, perusahaan memilih strategi earned media untuk memperoleh publisitas yang diperoleh dari pemberitaan dan percakapan di berbagai platform media terutama media digital. Dan dalam mengembangkan jaringan, perusahaan meningkatkan engagement di kalangan followers media sosial karena segmen yang disasar adalah kaum milenial. Meskipun konsumen sudah familiar dengan OT Grup, namun spirit inovasi yang diinginkan dalam OT “Go Beyond” belum tertangkap oleh konsumen. Hal ini menggambarkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh OT Grup belum bisa dikaitkan seutuhnya dengan citra perusahaan.
Kata kunci: corporate image; media relations; public relations; OT GrupKeywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v21i01.15373
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :