PENGARUH TENTANG BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KASUS FPI-POLRI DI KM.50 TERHADAP PERUBAHAN SIKAP REMAJA RT10/01 DI LINGKUNGAN PANCORAN BARAT IV

Adam Rivai, Ahmadi Ahmadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk merubah pola fikir masyarakat kususnya pemuda pancoran barat IV Rt10/01, agar kedepan nya nanti lebih bijak mengamati dalam sebuah informasi yang diterima. Penelitian ini menyadarkan pemuda masyarakat pancoran barat IV akan pentingnya mencari data dan menelusuri sumber-sumber terpercaya yang nantinya dikonsentrasikan secara tepat dan akurat. Semua bersama-sama tidak secara luas mempengaruhi penyebaran berita di media sosial yang berbasis web menyebar dengan cepat. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan memanfaatkan kajian informasi esensial berupa survei dengan Skala likert dengan skor 1-5 mulai dari sangat setuju (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), tidak setuju (TS) dan sampai dengan sangat tidak setuju (STS). Bedasarkan hasil penelitian pengaruh berita Hoax di instagram terhadap perubahan sikap remaja antara usia 20-25 tahun, dengan skor 0,620 (cukup kuat). adapun mayoritas responden berjenis kelamin Laki-laki dengan persentase (57%) dengan usia terbanyak antara 20 sampai dengan 25 tahun, dengan persentase (64,5). Adapun yang berjenis kelamin perempuan sebesar (43%) dengan usia dibawah 20 tahun. Hasil uji pengukuran menunjukan bahwa variabel X (Berita Hoax di Instagram) dan variabel Y (Perubahan sikap remaja) dan semua indikator memiliki tingkat validitas yang memenuhi syarat, karena nilai KMO variabel X sebesar (0,837) dan variabel Y sebesar (0,854). Nilai ini melebihi 0,5 yang berarti nilai tersebut valid dan memenuhi syarat. Kemudian nilai Alpha Cronbach untuk variabel X sebesar (0,865) dan Y sebesar (0,910). Kedepan nya untuk pencegahan suatu berita hoax remaja lingkungan pancoran barat IV harus lebih bijak menanggapi berita di instagram. tidak melihat dari satu sumber dan lebih bertanggung jawab menyebarkan info pemberitaan yang ada di media sosial instagram, di harapkan pemerintah lebih tegas menindak pelaku yang menyebarkan berita Hoax.

Kata kunci : Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Informasi Hoax, Perubahan Sikap.


Full Text:

PDF

References


Albert Ghana Pratama. (2018). Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pemberitaan Televisi Berita Terhadap Intensitas Menonton Televisi Berita.

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Ilmu Komunikasi.

Ghozali. (2011). PENGARUHAKTIVITASPADAINSTAGRAMTERHADAPSIKAPMAHASISWIPENGGUNA INSTAGRAMDIBANDUNG. Komunikasi.

Henri Septanto. (2018). Pengaruh HOAX dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime Dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat.

Kaiser. (2009). Kaiser (2009). Efek Perkembangan TeknologiTerhadap Konflik Di Indonesia.

McQuail. (2011). tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Ilmu Komunikasi.

Miliza Ghazali. (2016). pengertian media sosial instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Nasrullah. (n.d.). pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala.

Notoatmodjo. (2010). teknik purposive sampling.

Ramdan, A. K. (2019). P e ngaruh Akun Instagram @ t emandisabilitas_Id d alam Meningkatkan Kesadaran Followers Terhadap Difabel. Jurnal Interkomunika Vol 4, No 2, Th 2019, vol 4(E-ISSN: 26154420), no 02. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/284/pdf

Riyanto. (2017). E FEKTIVITAS M EDIA I NTERNET TERHADAP K EPUASAN K HALAYAK M EDIA. Vol 2, No 1: Inter Komunika: Jurnal Komunikasi ISSSN 2548-3749. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/212/pdf

Rosmalinda. (2017). ANALISIS PENYEBARAN BERITAHOAXDI INDONESIA. Ilmu Komunikasi.

Rulli Nasrullah. (2016). teori dan riset media siber (cybermedia).

Sugiyono. (2017). Sugiyono,2017. Pengaruh Media Sosial Instagram Dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v22i01.16994

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50