MEDIA SOSIAL DAN PARTISIPASI SOSIAL DI KALANGAN GENERASI MUDA

Morissan Morissan

Abstract


Abstrak, Partisipasi generasi muda dalam bidang politik sering kali menjadi bahan perdebatan.
Generasi muda sering kali dianggap sebagai kelompok masyarakat yang paling tidak peduli
dengan persoalan politik, mereka sering kali mengalami putus hubungan dengan komunitasnya,
tidak berminat pada proses dan persoalan politik, memiliki tingkat kepercayaan rendah pada
politisi serta sinis terhadap berbagai lembaga politik dan pemerintahan. Pandangan ini sering kali
dibenarkan dengan data yang menunjukkan bahwa generasi muda yang bergabung ke dalam
partai politik relatif sedikit, dan mereka cenderung memilih menjadi Golput pada Pemilu. Namun
di lain pihak, generasi muda di Indonesia menjadi pelopor penggunaan media sosial yang
terkenal sangat intensif. Berbagai lembaga riset internasional melaporkan bahwa jumlah
pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia, dan Twitter pada posisi
ketiga terbesar di dunia. Tulisan ini mencoba untuk memberikan analisa, berdasarkan penelitian
dan pengalaman di negara lain, apakah penggunaan media sosial oleh generasi muda mampu
memberikan pengaruh terhadap tingkat partisipasi sosial dan secara khusus partisipasi politik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.366



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50