AKTIVITAS HUMAS BADAN LAYANAN UMUM (BLU) DALAM MENSOSIALISASIKAN TRANS JAKARTA
Abstract
Abstrak. Public relations merupaan suatu fungsi manajemen yang berperan pentingdalam menjalankan proses komunikasi yang berperan dalam proses penyampaianinformasi secara berkelanjutan dan berkesinambungan mengenai perusahaan atauorganisasi. Keberadaan humas sebagai sumber informasi bagi publik terasa penting diera globalisasi ini. Bidang humas merupakan salah satu aspek penting bagi organisasi.Baik itu organisasi profit maupun notprofit. Trans Jakarta merupakan salah satuprogram kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang dikeluarkan pada tahun 2004, karenapada saat itu di Jakarta mengalami kemacetan lalu lintas dan untuk menanggulangihal tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menugaskan Badan Layanan Umum(BLU) untuk melaksanakan tugas pelayanan publik dengan menciptakan tradisitransportasi modern. Kemudian sosialisasi program ini adalah salah satu tugas Humasyang harus dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Hasil penelitian yangdiperoleh bahwa Humas dalam mensosialisasikan program TIJE tidak sendirimelainkan dengan TIM. Dalam melakukan aktivitas sosialisasi program TIJE.Humas memiliki berbagai kegiatan diantaranya, perayaan 1 tahun kinerjaTransjakarta, Publik Hearing, Sosialisasi dengan Media Eksternal- Buletin,TalkShow, sedangkan evaluasi humas melalui media monitoring.Abstrak. Public relations merupaan suatu fungsi manajemen yang berperan pentingdalam menjalankan proses komunikasi yang berperan dalam proses penyampaianinformasi secara berkelanjutan dan berkesinambungan mengenai perusahaan atauorganisasi. Keberadaan humas sebagai sumber informasi bagi publik terasa penting diera globalisasi ini. Bidang humas merupakan salah satu aspek penting bagi organisasi.Baik itu organisasi profit maupun notprofit. Trans Jakarta merupakan salah satuprogram kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang dikeluarkan pada tahun 2004, karenapada saat itu di Jakarta mengalami kemacetan lalu lintas dan untuk menanggulangihal tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menugaskan Badan Layanan Umum(BLU) untuk melaksanakan tugas pelayanan publik dengan menciptakan tradisitransportasi modern. Kemudian sosialisasi program ini adalah salah satu tugas Humasyang harus dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Hasil penelitian yangdiperoleh bahwa Humas dalam mensosialisasikan program TIJE tidak sendirimelainkan dengan TIM. Dalam melakukan aktivitas sosialisasi program TIJE.Humas memiliki berbagai kegiatan diantaranya, perayaan 1 tahun kinerjaTransjakarta, Publik Hearing, Sosialisasi dengan Media Eksternal- Buletin,TalkShow, sedangkan evaluasi humas melalui media monitoring.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v12i2.410
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :