PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Rahmadia Irani, Tajuddin Pogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan lingkungan belajar  terhadap prestasi siswa dengan motivasi sebagai variabel moderator, studi empiris di  Kafila International Islamic School (KIIS). Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner kepada 119 responden yaitu siswa sekolah tersebut.  Dari 102 data yang terkumpul, sebanyak 99  data dapat diolah.  Analisa data menggunakan metode second order dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yaitu : Pertama,  Intelligence Quotient (IQ) berpengaruh positif terhadap prestasi siswa. Kedua, motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi siswa. Ketiga, lingkungan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi siswa. Keempat, motivasi tidak memoderasi lingkungan belajar dalam pencapaian prestasi.  Intelligence Quotient (IQ) yang paling besar pengaruhnya terhadap prestasi siswa.

Keywords


Intelligence Quotient (IQ); motivasi; lingkungan belajar; prestasi

References


AF, Tangyong. (1997). Pendekatan Keterampilan Proses. Rajawali. Jakarta.

Al-Falah, Daffa. (2016). Kafila International Islamic School–Quran, Science, Language. https://www.kompasiana.com/daffa.alfalah/kafila-international-islamic-school-quran-science-language, (Diakses 12 Oktober 2017).

Aini, Qurratul. (2016). “Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajr Ekonomi Di SMAN Pancor Lombok Timur NTB”. Ganeç Swara Vol. 10 No.2 September 2016.

Annajah, Ulfah dan Nailul Falah. (2016). “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta”. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1, Desember 2016.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.

Asmani, Jamal. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah. Diva Press. Jogjakarta.

Atta, A. M. & Jamil, A. (2012). “Effects Of Motivation And Parental Influence On. The Educational Attainments Of Students At Secondary Level Academic” Research International. 2 (3): 1-5.

Bryan, Julia; Moore-Thomas, Cheryl Gaenzle, Stacey Kim, Jungnam Lin, Chia-Huei, dan Goeun Na. (2012) “The Effects of School Bonding on High School Seniors' Academic Achievement” Journal of Counseling and Development : JCD; Oct 2012; 90, 4; Research Library pg. 467.

Carolien Van Soom, Carolien dan Vincent Donche “Profiling First-Year Students in STEM Programs Based on Autonomous Motivation and Academic Self-Concept and Relationship with Academic Achievement” PLOS ONE, www.plosone.org, November 2014 Volume 9 Issue 11 e112489.

Chen, Senlin, Ang Chen, dan Xihe Zhu. (2012) “Are K-12 Learners Motivated in Physical Education? A Meta-Analysis” Research Quarterly for Exercise and Sports; Ma 2012, 83,1 : Proquest pg 36.

Dagnew, Asrat. (2015) “Relationship among Parenting Styles, Academic Self-concept, Academic Motivation and Students’ Academic Achievement in Fasilo Secondary School : Bahir Dar, Ethiopia” Science, Technology and Arts Research Journal Sci. Technol. Arts Res., J, Jul-Sep 2015: 4(3):215-221.

Dahlan, Sopiyudin. (2014). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Edisi 6. Salemba Medika. Jakarta.

David J. Huber, David J dan James M. Conway. (2015) “The Effect Of School Improvement Planning On Student Achievement” Planning and Changing Vol. 46, No. 1/2, 2015, pp. 56–70.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta dan Depdikbud. Jakarta.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Djamrah S.B. (2008). Psikologi Belajar, Edisi 2. Rineka Cipta. Jakarta.

Dotterer, AM dan Katie Lowe. (2011) “Classroom Context, School Engagement, and Academic Achievement in Early Adolescence” J Youth Adolescence (2011) 40:1649–1660 DOI 10.1007/s10964-011-9647-5.

Emmet, Joshua dan Dean McGee. (2013) “Extrinsic Motivation for Large-Scale Assessments: A Case Study of a Student Achievement Program at One Urban High School” The University of North Carolina Press.

Fauzi, A Irvan. (2016) “Hubungan Kebugaran Jasmani, Kecerdasan Intelektual Dan Motivasi Belajar Penjas Dengan Hasil Belajar Penjas” Jurnal Pendikan Jasmani Indonesia Hal. 1-9.

Gardner, Howard. (1993). Multiple Intelligencies. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamdu, Ghulam dan Lisa Agustina. (2011) “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)” Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasan, Syeda Salma dan Ruhi Khalid. (2012) “Differences In Achievement Motivation And Its Salient Components Among High And Low Achieving Students” Pakistan Journal of Psychology, June 2012, 43, 1, 27-40.

Iradhatie, W. (2016). Menag Dukung Pendidikan Berbasis Boarding School. https://news.okezone.com/read/2016/04/04/65/1353740/menag-dukung pendidikan-berbasis-boarding-school (Diakses tanggal 10 Oktober 2017).

Jayantika, Trisna, I Made Ardana, Phil I GP Sudiarta. (2013). “Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Di Kabupaten Buleleng” e-Journal Program Pascasarjana Program Studi Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 2 Tahun 2013).

Joshi, Shobhna dan Neha Achrya. (2013) “Home Environment And Achievement Motivation Of Adolescents” Social Science International, Vol. 29, No. 1 (2013), page 105-120.

Kindangen, Estheria HC; L David dan H Opod. (2017) “Gambaran Intelligence Quotient (IQ) Pelajar Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manado” Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 5, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Kornilova, TV. (2009) “Academic Achievement In College: The Predictive Value Of Subjective Evaluations Of Intelligence And An Academic Self Concept” Psychology in Russia: State of the Art. 2009;2:310-26.

Lynch, AD; RM. Lerner, dan T. Leventhal “Adolescent Academic Achievement and School Engagement: An Examination of the Role of School-Wide Peer Culture” J Youth Adolescence (2013) 42:6–19.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung.

Makharia, Archita; Abhishek Nagarajan, Aakanksha Mishra, Sandeep Peddisetty, Deepak Chahal, dan Yashpal Singh (2017) “Effect of Environmental Factors On Intelligence Quotient Of Children” Industrial Psychiatry Journal, Published by Wolters Kluwer – Medknow.

Mangiwa R. (2014) “Kemampuan Intelligence Quotient (IQ) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi” eBm. 2014;2(3).

Masyhudzulhak, AH Sutawidjaya, dan RE Nugroho. (2015). Memahami Penulisan Ilmiah dan Metodologi Penelitian. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya. Bogor.

Moustafa K. S., Miller T. R. (2003) “Too Intelligent For The Job? The Validity Of Upper-Limit Test Scores In Selection” S.A.M. Advanced Management Journal, vol 68 (2), p. 4.

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyati, Sri. (2017) “Pengaruh Intelligence Quotient ( Iq ) , Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ips ( Study Di Sdn Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 11 No 2.

Naderi. (2009) “Intelligence, Creativity And Gender As Predictors Of Academic Achievement Among Undergraduate Students” Journal of American Science, 5 (3) : 8-19.

Nagara, Dede Azis. (2015). Model Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysis). http://magister-edu.blogspot.co.id/2015/04/model-regresi-moderasi-moderated.html. (diakses pada 15 Februari 2018).

Najib, Bahrun. (2016) “Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Yang Tinggal Di Pesantren Dan Siswa Yang Tinggal Di Rumah Sendiri Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2015/2016” Jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Narimawati, Umi. (2010). Penulisan Karya Ilmiah. Penerbit Genesis. Jakarta.

Nadzifah Ajeng Daniyati, N Ajeng dan Sugiman. (2015) “Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Pythagoras” Jurnal Pendidikan Matematika,Volume 10–Nomor 1, Juni 2015, (50-60).

Ormrod, Jeanne.Ellis, (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga. Jakarta.

Poerwati, Tjahjaning (2001). “Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Budaya Organisasi Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating” Masters Thesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Pratikto, Heri. (2012) “Motivasi Spiritual dan Budaya Sekolah Berpengaruh Terhadap Kinerja Profesional dan Perilaku Konsumsi Guru Ekonomi” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 1, April 2012.

Pratiwi, Dianny (2011).”Pengaruh Kemampuan Pemakai Teknologi Informasi, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan”. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Purwa Atmaja Prawira. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Prespektif Baru. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Rizkiani, Anisa. (2012) “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut)” Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 06; No. 01; 2012; 10-18.

Saltson, Eugene dan Sharon Nsiah. (2015). “The Mediating And Moderating Effects Of Motivation In The Relationship Between Perceived Organizational Support And Employee Job Performance” International Journal Of Economics, Commerce And Management, United Kingdom,Vol. III, Issue 7, July 2015.

Sarıtepeci, Mustafa dan Hasan Çakır. (2015) “The Effect of Blended Learning Environments on Student Motivation and Student Engagement: A Study on Social Studies Course” Education and Science 2015, Vol 40, No 177, 203-216.

Saroni, Muhammad. (2006). Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang. Kompeten. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Siska Eko Mawarsih, Siska; Susilaningsih, dan Nurhasan Hamidi. (2013) “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo” JUPE UNS, Vol. 1,No. 3, Hal 1 s/d 13.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Solimun. (2017). Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. http://management.feb.umy.ac.id/lab manajemen/wpcontent/uploads/2017/04/Materi-Moderasi-Solimun.pdf. (diakses pada 15 Februari 2018).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Susanto, Prima. (2016). “Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Bimbingan Terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta” Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Volume 4, Nomor 1, Tahun 2016.

Suwardi, Dana R. (2012) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bae Kudus” EEAJ1 (2) (2012).

Syakur, MA dan A. Niesky. (2017). Hafal Al-Qur’an, Belasan Siswa KIIS Diterima di PT Negeri dan Luar Negeri. https://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/07/16/119933/ hafal-al-quran-belasan-siswa-kiis-diterima-di-pt-negeri-dan-luar-negeri.html (Diakses 12 Oktober 2017).

WHS, R. Sutan, S. Zauhar dan C. Saleh. (2014) “Workplace Spirituality Tenaga Kependidikan Universitas Brawijaya (Studi Pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Dan Matematika Serta Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik)” Wacana– Vol. 17, No. 3 (2014).

Wibowo, Adi; Putu Suriyasa, dan Bhisma Murti. (2013) “Pengaruh Problem Based Learning, Motivasi Belajar Dan Intelligence Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Fisiologi Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha” Jurnal Magister Kedokteran Keluarga Vol 1, No 1, 2013 (hal 49-60).

Woolley, Michael E; Marlyn E Strutchens, Melisa C Gilbert, dan W Gary Martin. (2010) “Mathematics Success of Black Middle School Student : Direct and Indirect Effect of Teacher Expectations and Reform Practices” Vol 61, Nos 1-4, Spring-Winter, 2010.

Yulianda, Milza, Mareta K.S., J. Ronald. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Fisik Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA N 2 Sijunjung Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderating. Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Yusuf, Syamsu. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Remaja. Rosdakarya. Bandung.

Zumbrunn, Sharon; Courtney McKim, Eric Buhs, dan Leslie R. Hawley “Support, Belonging, Motivation, And Engagement In The College Classroom: A Mixed Method Study” Instr Sci (2014) 42:661–684 DOI 10.1007/s11251-014-9310-0.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDIKATOR
Magister Manajemen Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436
Tlp./Fax: +62218449635
p-ISSN: 2598-6783
e-ISSN: 2598-4888
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats