STRATEGI MEMBANGUN KEMANDIRIAN PANGAN NASIONAL DENGAN MEMINIMALISIR IMPOR UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT

Lathif . Hakim, Indra Ade Irawan

Abstract


Abstraksi, Dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional untuk kesejahteraan rakyat membutuhkan strategi-strategi khusus untuk mewujudkannya. Agar perjalanan aktifitas pembangunan kemandirian pangan nasional dapat dilakukan secara sustainable membutuhkan strategi-strategi yang mampu meningkatkan tingkat kemandirian pangan menjadi kedaulatan pangan.

Kedaulatan pangan mencakup empat dimensi, yakni; 1)- Proses produksi pangan disesuaikan dengan kondisi dan potensi sumberdaya lokal. 2)- Kegiatan budidaya atau produksi pangan dilakukan dengan cara berwawasan ekologis. 3)- Peran petani produsen pangan perlu diapresiasi dengan cara meningkatkan kesejahteraannya. 4)- Lebih mengutamakan keberlanjutannya (sustainable) proses produksi pangan, yang hanya dapat diwujudkan jika dimensi teknis-agronomis, ekologis/lingkungan, dan sosial-ekonomis dipadu secara harmonis dalam setiap upaya mengoptimalkan produksi, distribusi, dan konsumsi pangan.

Maka dalam penelitian ini, peneliti akan menulis instrument-instrument penyokong terwujudnya pembangunan kemandirian pangan nasional yang terdiri dari: konsepsi kemadirian pangan, sistem konstitusi pangan secara filosofis, regulasi-regulasi kebijakan pangan, analisis data pangan dan solusi strategis untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.


Keywords


Strategi, kemandirian pangan nasional, konstitusi, regulasi, solusi strategi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v3i3.7459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis

INDIKATOR
Magister Manajemen Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436
Tlp./Fax: +62218449635
p-ISSN: 2598-6783
e-ISSN: 2598-4888
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats