FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010

Septiani Juniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Degree Operating Leverage(DOL), Laba operasi, Capital Adequation Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) terhadap Struktur Modal ( DER ) pada bank yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling terhadap bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2008-2010. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan Model Effect Tetap (MET) di dalam metode analisis, dan pengujian dilakukan dengan menguji statistik secara parsial dan secara bersama- sama.

 

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama- sama variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan jika dilihat hasil analisis secara parsial., variabel independent yang paling memiliki pengaruh adalah variabel NPL (Non Performing Loan).

 

Kata kunci : Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Degree Operating Leverage(DOL), Laba operasi, Capital Adequation Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Struktur Modal ( DER )


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.