DAMPAK ATRIBUT TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET DEPT STORE DI MEDAN

Hazmanan Khair

Abstract


Atribut toko merupakan satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli produk di toko tersebut. Atribut toko ini bisa meliputi performa penempatan produk, bentuk promosi dll. Dalam penelitian ini dibatasi pada lay out toko dan pepelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut toko terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang diambil adalah 100 pelanggan yang melakukan pembelian di Indomaret Dept. Store yang ada di banyak tempat di kota Medan. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah sample kebetulan (accidental). Hasil penelitian menunjukkan bahwa layout toko, pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Dept. Store di Medan. Persamaan regresi ganda  Y = 8,851 +  0,319 X1 + 0,382 X2 Persamaan tersebut memperlihatkan bahwa semua variabel bebas (layout toko dan pelayanan) memiliki koefisien bi yang positif, berarti seluruh variabel bebas mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Koefisien korelasi ganda secara bersama-sama antara layout toko dan pelayanan diperoleh Ryx1x2 = 0,566. Nilai yang positif tersebut mempunyai arti bahwa jika layout toko dan pelayanan baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Dari uji F diperoleh 22,893 dengan sig 0,000 < a0,05,  menunjukan hipotesis 3 (tiga) diterima, berarti layout toko (X1) dan pelayanan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Y (keputusan pembelian) pada taraf a0,05. Nilai R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,321 menunjukkan sekitar 32,10% variabel layout toko (X1) dan pelayanan (X2)mempengaruhi variabel Y (keputusan pembelian). Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.