FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEMPATAN KERJA DI PROVINSI JAWA BARAT

Dudung Mulyadi

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori yang menjelaskan hubungan kausal antara beberapa faktor yang terkait dengan kesejahteraan rumah tangga petani di wilayah Jawa Barat. Data disusun dalam bentuk cross-sectional antar rumah tangga petani dari 17 kabupaten di Propinsi Jawa Barat.  Model penelitian diformulasikan sebagai model Cobb-Douglas dan analisis menggunakan regresi linier melalui metode Ordinary Least Square(OLS).

Temuan penelitian adalah : (1) secara simultan Lahan pertanian, modal usaha, teknologi pemasaran produk dan sumbar daya manusia berpengaruh positif terhadap kesempatan kerja ; (2) secara parsial Lahan pertanian, modal usaha, dan pemasaran produk berpengaruh signikan terhadap kesempatan kerja, sedangkan teknologi dan sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap kesempatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan lahan pertanian, penambahan bantuan modal usaha, penerapan teknologi, pemasaran pruduk yang terkelola dengan baik dan sumber daya manusia yang baik dapat meningkatkan agribisnis tanaman pangan. Semakin baik agribisnis dikelola maka akan meningkatkan kesempatan kerja di Provinsi Jawa Barat.

Keywords


Lahan Pertanian, Modal Usaha, Teknologi, Pemasaran Produk, Sumber Daya Manusia, Kesempatan Kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v5i3.6937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats