Kuat Geser Dan Daktilitas Pada Balok Castellated Modifikasi Komposit Mortar Akibat Beban Siklik

Martyana Dwi Cahyati, Iman Satyarno

Abstract


Struktur baja castellated merupakan struktur yang terbuat dari balok IWF yang memiliki bukaan lubang berupa heksagonal, lingkaran, maupun persegi. Dengan adanya bukaan lubang maka akan menambah ketnggian penampang yang mampu meningkatkan momen inersia yang terjadi pada balok, sehingga beban maksimum yang dapat dipikul balok juga akan meningkat, namun balok tersebut juga memiliki kelemahan yaitu terjadinya mekanime vierendeel. Oleh karena itu, Pada penelitian ini dikaji perilaku balok castellated komposit mortar akibat beban siklik yang memodelkan beban gempa di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kekuatan ultimte, daktilitas, dan pola keruntuhan pada balok castellated komposit mortar. Benda uji terbuat dari profil 2L.30.3.3, tulangan ø 13 mm, dan mortar yang memiliki nilai fas 0,4 dengan perbandingan
1:1,5. Beban siklik yang diaplikasikan mengacu pada ACI T1.1-01. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kapasitas beban ultimate pada balok sebesar 203,5 kN untuk siklus positif dan 201,5 untuk siklus negatif. Lendutan yang terjadi sebesar 3,46 mm untuk siklus positif dan 3,36 untuk siklus negatif. Nilai daktilitas rata-rata yang didapat sebesar 3,45. Dari hasil tersebut dapat diklasifikasikan bahwa struktur memiliki tingkat daktilitas sedang.


Keywords


balok; castellated-composit; siklik; kapasitas geser ultimite; beban maksimal

Full Text:

PDF

References


. ATC-43 Project, (1998), FEMA 306, “Evaluation of Earthquake Damage Concrete and Masonry Wall Building”, Applied Technology Council, California.

. Atmaja, D., (2012), “Perilaku Geser Balok Komposit Castellated Bukaan Heksagonal dengan Selimut Mortar”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

. Chalioris, C.E., (2012), Steel Fibrous RC Beams Subjected to Cyclic Deformations Under Predominant Shear, Engineering Structures, Vol.49, pp 104-118.

. Heldita, D., (2012), “Perilaku Geser Balok Baja Castellated Bentuk Bukaan Lubang Segiempat dengan Tulangan dan Komposit Beton Agregat Praletak”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

. Kristianta, I.P.H., (2014), “Perilaku Geser Balok Castellated Modifikasi Dengan Penyambung Profil Siku Dan Komposit Mortar”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

. Marpaung .R, Suhadi, Tilik L.F., (2013), “Perbandingan Energi Pada Percobaan Beton Bertulang Akibat Pembebanan Siklik dan Monotonik”, Jurnal Teknik Sipil, Vol. 9, pp 126-133.

. Putri, A.P., (2014), “Prilaku Geser Balok Castellated Modifikasi Kompoit Mortar Dengan Penyambung Tulangan Baja”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

. Ujianto, M., (2006), “Lendutan dan Kekakuan Balok Beton Bertulang dengan Lubang Segiempat di Badan”, Jurnal eco Rekayasa,Vol.2, hal 52-57


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats