Empat Model Bisnis Yang Sustainable Pada Industri Telekomunikasi Selular di Masa Sekarang dan Mendatang - Sebuah Pengembangan Strategis Telekomunikasi Melalui BCG Matriks
Abstract
Model bisnis telekemonukasi di Indonesia sangat tergantung dari
strategi bisnis yang dipakai maupun alokasi spektrum frekuensi yang
diperoleh oleh operator telekomunikasi. Dunia telekomunikasi perlu
membuat terobosan bisnis mengingat jumlah pelanggan yang cukup
masif dan cepatnya pelanggan berpindah operator. Keberadaan
pelanggan memerlukan pengelolaan yang cerdas, kreatif dan integratif
terutama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital saat ini.
Transaksi belanja melalui e-money dalam mendukung cashless society
perlu mendapatkan perhatian operator sebagai suatu peluang bisnis
besar. Selain itu, bisnis data, cloud computing serta managed services
menjadi segmen pasar yang potensial dalam menunjang efektivitas dan
efisiensi telekomunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v2i2.1109
Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id
pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional
The Journal is Indexed and Journal List Title by: