Aplikasi Multimedia Pengenalan Huruf Alfabet, Buah dan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality
Abstract
Aplikasi Multimedia Pengenalan Huruf, Buah dan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality dibangun untuk memberikan inovasi dan pengalaman terhadap anak-anak untuk mengenal huruf, buah dan hewan secara interaktif. Pada tahapan awal pembuatan dimulai dengan tahapan analisis data, perancangan sistem dan juga perancangan interface. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Android Development Tools untuk pengembangan algoritma, Blender 3D sebagai pembuatan objek 3D, Unity 3D sebagai editor desain pemakai aplikasi interface dan editor script. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone berspesifikasi minimal android versi OS 6.0.1 Marshmallow, processor Quad-Core 1.4GHz, ukuran layar 5 inches, RAM 2 GB, dan kamera belakang 13 MP. Pengembangan dari sistem ini diharapkan akan dapat membantu tidak hanya memberikan pembelajaran secara umum dan dilingkungan anak memasuki taman kanak-kanak tetapi di masyarakat umum yang ingin mengetahui pembelajaran dan edukasi menggunakan teknologi Augmented Reality.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v9i3.7173
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id
pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional
The Journal is Indexed and Journal List Title by: