Pengenalan Aplikasi Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Sebagai Peningkatan Pelayanan Masyarakat Pada Pengawai Kelurahan Pondok Kacang Timur Tangerang Selatan

Yudo Devianto, Saruni Dwiasnati, Eugenius Kau Suni

Abstract


Manusia adalah makhluk sosial, yang dalam arti sederhananya bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, yang dalam arti nya setiap manusia membutuhkan layanan yang diberikan oleh orang lain terhadap dirinya dan sebaliknya orang lain membutuhkan layanan dari kita baik yang sederhana atau layanan yang lebih exclusive. Mengacu pada PP nomor 73 atas Kelurahan pada tahun 2005, Kelurahan merupakan gabungan wilayah dari beberapa Rukun Warga (RW). Pemerintah desa dan kecamatan merupakan departemen pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam konteks otonomi daerah Indonesia, Kelurahan adalah wilayah kerja Lurah sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota. Kelurahan dibawah pimpinan seorang Lurah, seorang pejabat. Kelurahan adalah unit pemerintahan terkecil di tingkat desa. Berbeda dengan desa, kelurahan memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah dalam bentuk pelatihan. Kegiatan pelatihan ini merupakan wadah bagi para pendidik untuk membimbing minat dan bakatnya dalam praktik profesional disiplin ilmu di masyarakat. Manfaat lain dari kegiatan semacam ini adalah menciptakan kepekaan terhadap mereka yang membutuhkan. Berdasarkan latar belakang yang dijelaskan di atas, maka secara garis besar rumusan permasalahan adalah, bagaimana cara melatih para pengawai Kelurahan Pondok Kacang Timur dalam menjalankan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), bagaimana mempermudah pemberian informasi ke masyarakat dalam penggunaan Aplikasi Indeks Kepuasaan Masyarakat. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah, untuk mengajarkan Para Pengawai Kelurahan Pondok Kacang Timur dalam bagaimana cara penggunaan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat, untuk memberikan informasi bahwa Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat ini dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan juga dapat mengetahui kinerja dari petugas dalam memberikan pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, H., Sarman, S., & Ichsan Hadiansyah, M. (2021). Edukasi Tips Memilih, Mengolah, dan Menyajikan Makanan yang Aman pada Mahasiswa STIKES Graha Medika Secara Daring Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 12–16. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2212

Devianto, Y. (2017). Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Perbandingan Eksponensial (Mpe) Dan Skala Ordinal Pada Unit Pelayanan Masyarakat. Jurnal Ilmiah FIFO, Universitas Mercu Buana, 9(1), 31–40.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2018a). Aplikasi Pengambilan Keputusan Indeks Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Pada Unit Pelayanan Masyarakat Dengan Alat Microcontroller Sebagai Alat Bantu Survey. Jurnal Ilmiah FIFO, Universitas Mercu Buana, 10(1), 13–21.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2018b). Index Application of Community Satisfaction on Community Services Understanding Case Study of Population and Civil Registration of DKI Jakarta Province. International Journal of Computer Techniques (IJCT), 5(4), 10–17.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

SUREDA, N., Diamantina, A., & INDARJA, I. (2018). PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI LURAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH. Universitas Diponegoro.

Wikipedia. (2020). Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Kacang_Timur,_Pondok_Aren,_Tangerang_Selatan

Wikipedia. (2021). Pondok Aren, Tangerang Selatan. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Aren,_Tangerang_Selatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.