Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Peduli Lindungi Pada Tim Kader Penggerak PKK Kelurahan Meruya Utara Untuk Mencegah Dan Menanggulangi Penyebaran Virus Covid-19

Riri Fajriah, Tedjo Nugroho

Abstract


Sudah hampir 1 tahun lebih penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia belum dapat diatasi dengan maksimal, untuk dapat menekan laju penyebaran kasus baru terpapar Virus Covid-19 perlu adanya kerja sama yang baik antara pihak pemerintah dengan masyarakat. Kerja sama dalam upaya menanggulangi penyebaran Virus Covid-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga perlu didukung oleh pemerintah daerah sampai dengan aparatur terendah di tingkat RW dan RT. Mayoritas kelurahan yang ada di Provinsi DKI Jakarta berada pada zona merah penyebaran Virus Covid-19, salah satunya adalah Kelurahan Meruya Utara Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Untuk dapat mensosialisasikan budaya hidup sehat dengan optimal menerapkan protokol kesehatan yang baik di masyarakat perlu dukungan salah satunya dari para Kader Penggerak PKK. Oleh karena itu, diharapkan dengan melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu melakukan sosialisasi serta pelatihan Aplikasi Peduli Lindungi dengan para Kader Penggerak PKK maka dapat dilanjutkan kembali sosialisasinya kepada kelompok-kelompok keluarga di masyarakat pada wilayah tersebut. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat untuk sama-sama menjaga dan menanggulangi penyebaran Virus Covid-19 agar tidak makin bertambah lagi jumlah korbannya dan Indonesia bisa segera mengakhiri masa pandemik menuju ke situasi normal sambil menunggu dapat didistribusikannya Vaksin Virus Covid-19 kepada seluruh masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Beck, J. S., & Beck, A. T. (2011). Cognitive behavior therapy. New York: Basics and beyond. Guilford Publication.

Benjamin C.L., Puleo C.M., Settipani C.A., et al. (2011). History of cognitive-behavioral therapy in youth. Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America. 20(2), 179–189, doi: 10.1016/j.chc.2011.01.011

Data Covid Jakarta (2020, November 12). Retrieved November, 12, 2020, from https://corona.jakarta.go.id/id/data-visualisasi.

Ghaemi, N. (2020, March 24). The Psychology of Pandemic Denial: Why do some people reject the science of public health? [Blog post]. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/mood-swings/202003/the psychologypandemic-denial.

Greenberg, J., Pyszczynski, T., & Solomon, S. (1986). The causes and consequences of a need for self-esteem: A terror management theory. In Public self and private self (pp. 189-212). Springer, New York, NY.

Informasi Aplikasi Peduli Lindungi. Retrieved November, 12, 2020, from https://pedulilindungi.id/

Knoll, J.L. (2020, March 30). Panic and Pandemics: The Return of the Absurd. [Blog post]. Retrieved from https://www.psychiatrictimes.com/coronavirus/panic-and-pandemicsreturn-absurd.

Kota Administrasi Jakarta Barat. “Profil Kelurahan Meruya Utara”. 2019 [online], tersedia : http://barat.jakarta.go.id/?p=kelurahan&node=176 dilihat tanggal 12 November 2020.

Norberg, M., Rucker, D. (2020, March 20). Psychology can explain why coronavirus drives us to panic buy. It also provides tips on how to stop. [Blog post]. Retrieved from https://theconversation.com/psychology-can-explain-why-coronavirus-drives-us-to-panicbuy-it-also-provides-tips-on-how-to-stop-134032

Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease. England: Cambridge Scholar Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.