Job Stress on Certified Teachers at Madrasah Aliyah Negeri Y Padang City
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Dinnul Alfian. (2017). Konflik peran ganda karyawan wanita dan stres kerja. An Nisa’a: Jurnal Kajian Gender dan Anak, 12(1), 33-48.
Alias, N.E., Nurul, S.H., Rozana, O., Najihah, H.M., & Wei-Loon, K. (2019) Determinants of job stress in affecting employees’ life: A study on the Malaysian manufacturing sector. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 9(7), 614-627.
Beehr, T.A., & Newman, J. (1978). Job stress, employee health, and organizational effectiveness: A facet analysis, model, and literature review. Personnel Psychology, 31, 665-699.
Fachrurozi, N. (2014). Perbedaan kinerja guru yang telah bersetifikasi dengan non sertifikasi di Kota Surabaya. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Psikologi.
Fimian, M.J. (1988). Teacher stress inventory. United States of America: Clinical Psychology Publishing Co., Inc.
Health & Safety Executive. (2013). Stress and psychological disorders in Great Britain 2013. National Statistics, 1-7.
Herlina, Lina. (2019). Kondisi dan faktor penyebab stres kerja pada karyawan wanita PT ‘SGS’. Jurnal Psiko-Edukasi, 17, 118-132.
Kirom, Askhabul. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80.
Lukman, Imam Abdillah., Latipun., & Nida H. (2019). Pengaruh stres kerja terhadap performa kerja dimoderasi oleh manajemen diri pada guru honorer SD di Banda Aceh. Jurnal Diversita, 5(2), 126-135.
Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi Edisi (10th ed). Yogyakarta: ANDI.
Man, Grace. S., & Cholichul, H. (2013). Hubungan antara perceived organizational support dengan work engagement pada guru SMA swasta di Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2(2), 90-99.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu & Mela Puspitasari. (2015). Kecerdasan emosi, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan, 45(2), 142-155.
Margiati, Lulus. (1999). Stres kerja: latar belakang penyebab dan alternatif pemecahannya. Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik, 12(3), 71-80.
Muhardi. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Jurnal LKTI, 20(4), 478-492.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan.
Robbins, S. P. (1996). Perilaku organisasi: Konsep, kontroversi, aplikasi, edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.
Sarwono & Purwono. (2006). Hubungan masa kerja dengan stres kerja pada pustakawan perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 44-58.
Torreon, L.C., & Frances M.C.T. (2019). Teaching effectiveness and coping occupational stress as basis for intervention program. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 7(3), 56-64.
Triana, Kely. (2015). Kontribusi Persepsi Pada Beban Kerja dan Kecerdasan Emosi terhadap Stres Kerja Guru SMP yang Tersertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 1-18.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/biopsikososial.v5i2.14645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Biopsikososial : Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta
|
JBUMB and its articles is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tim Editorial Office
JBUMB
Universitas Mercu Buana
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Phone: +6287871555035
Email: [email protected]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/biopsikososial/index