Pengembangan Sistem Marketing Produk Handmade Berbasis E-Commerce Dengan Metode FAST (Studi Kasus : Handmade By Rens)

Linda Wahyu Widianti

Abstract


Sistem marketing produk handmade berbasis e-Commerce merupakan sistem berbasis web yang berguna untuk membantu pelanggan dalam memesan produk handmade. Saat ini penyampaian informasi penjualan produk Handmade By Rens masih menggunakan fasilitas media Instagram dan Facebook. Hal inilah yang membuat kendala yang dihadapi terkait dengan media. Oleh karena itu dengan berkembangnya teknologi mendorong peneliti untuk membuat suatu pengembangan sistem berbasis e-commerce yang dapat membantu pelanggan yang ingin memesan produk Handmade By Rens. Proses perancangan menggunakan Business Use-case Model, Navigation Structure dan Unified Modeling Language (UML). Pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman (HTML, CSS, PHP, JavaScript), jQuery sebagai library, MySQL sebagai database, dan Bootstrap sebagai framework. Dari 3 (tiga) browser yang telah diuji (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge) sistem ini berjalan dengan baik pada browser Mozilla Firefox dengan kecepatan akses 0,0127 detik. hasil uji respon pengguna yang telah diakumulasikan secara keseluruhan mendapatkan hasil skor total 2.306 poin sehingga mendapat persentase sebesar 92,24%. Dengan sistem ini, pelanggan Handmade By Rens dapat dengan mudah memesan produk handmade secara online kapan saja dan dimana saja.


Keywords


Sistem Marketing; Handmade; e-Commerce

Full Text:

PDF

References


Universitas, T.G. (PTA 2015/2016). Pengembangan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jurusan Sistem Informasi. Universitas Gunadarma

Radna Andi Wibowo. (2019). Manajemen Pemasaran. Makasar: Radna Andi Wibowo.

Antyaswari, A. (2015). Pusat Desain Interior Aksesoris Buatan Tangan Di Kota Yogyakarta Dengan Gaya Desain Shabby Chic. Tesis. Jurusan Desain Interior, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rerung, R.R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Publikasikan.

Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Lembangan (LP2M), IAIN Salatiga.

Sumiari, NK (2018). Teori Basis Data. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Ani Oktarini Sari, AA (2019). Pemrograman Web. Jakarta: Graha Ilmu.

Roza, MN (2019). Tutorial Sistem Informasi Persetujuan Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter Dengan Notifikasi E-Mail. Bandung: Industri Kreatif Nusantara.

Abdullah, R. (2018). Pemrograman Web 7 In 1 Untuk Pemula. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.

Defina Iskandar, SD (2017). App Rating Dan Absensi Siswa untuk Kegiatan Pembelajaran Akademik (Studi Kasus: SD Ar-Rafi). e-Prosiding Ilmu Terapan, Jilid 3, 2, 962-969.

Losavio Franscisca, LN (2014).Software Architecture 2. Inc: Indianapolis : John Wiley & Sons.

Fatimah, FN (2016). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Suzuki Syofian, TS (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Pro Semnastek.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2021.v13i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=