Analisa Sistem Informasi Tugas Akhir Dengan Pendekatan Soft Systems Methodology

Bayu Waseso, Suhaeri Suhaeri, Tazkiyah Herdi

Abstract


Persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi oleh seorang mahasiswa adalah menyelesaikan tugas akhir. Dimana pada tugas akhir tersebut mahasiswa melakukan kegiatan penelitian. Laporan tugas akhir pada Sekolah Tinggi ABC memiliki beberapa tahapan yang wajib diikuti, mulai dari pengajunan Idea Concept Paper (ICP), proses bimbingan, pengajuam propoal, dan penyelesain tugas akhir. Meningkatnya jumlah mahasiswa pada setiap tahunnya mengakibatkan naiknya beban kerja admin dalam mengelola administrator dalam pengelolaan tugas akhir. Unit Jurusan aalah unit yang bertugas untuk mengelola administrasi tugas akhir. Kondisi inilah yang menginspirasi untuk memberikan suatu solusi dengan membuat suatu sistem informasi tugas akhir (SITA). Di dalam SITA ini semua pihak yang terkait dengan pengelolaan tugas akhir akan terlibat mulai dari mahasiswanya itu sendiri, dosen, petugas administrator serta eksekutif. Tahapan analisa pada penelitian ini akan menggunakan soft systems methodology (SSM). SSM merupakan proses penyelidikan yang berbasis pada aksi ke dalam situasi bermasalah di dunia nyata, dimana pengguna akan belajar cara mencari tahu tentant situasi untuk mendefinisikan atau mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Hasil analisa yang di dapat akan diterjemahkan menjadi desain yang nyata dengan menggunakan use case UML

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Tugas Akhir, Soft Systems Methodology (SSM), Use Case

Full Text:

PDF

References


M. A. Shobirin, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING TUGAS AKHIR/SKRIPSI BERBASIS WEB (STUDI KASUS PRODI INFORMATIKA UPN ‘VETERAN’ JATIM).” UPN Veteran Jawa Timur, 2020.

P. Checkland and J. Poulter, “Soft systems methodology,” in Systems approaches to making change: A practical guide, Springer, 2020, pp. 201–253.

L. C. Ramadhanti, Y. A. RakayEdhiargoToyosito, and E. Rimawan, “Proposed Acquisition System Design (Procurement) & Inventory-Based ERP With Soft Systems Methodology Method in the Manufacturing Industry Bags,” 2018.

T. Sirmareza, “Aplikasi Soft System Methodology dalam analisis Diplomasi Angkatan Laut Indonesia melalui pengiriman Satgas Maritim TNI pada misi UNIFIL MTF,” Glob. J. Polit. Int., vol. 19, no. 1, pp. 58–76, 2021.

S. Sandiwarno, “Design Model of Medical Record Information System (Case Study: Clinic Universitas Mercu Buana),” 2018.

M. Milovančević et al., “UML diagrams for dynamical monitoring of rail vehicles,” Phys. A Stat. Mech. its Appl., vol. 531, p. 121169, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.physa.2019.121169.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram Uml Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” JTIK (Jurnal Tek. Inform. Kaputama), vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2021.v13i2.004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah FIFO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=

Image result for jurnal sinta