Peran Kepuasan dan Kemudahan terhadap sikap Pengguna E-Learning pada Sistem Informasi Akademik (AIS)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini persepsi mahasiswa terhadap e-learning di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dari sisi kepuasan dan kemudahan terhadap sikap pengguna E-Learning pada Sistem Informasi Akademik. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner terhadap mahasiswa yang lebih mahasiswa teknik informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif purposive ransom sampling sebanyak 100 orang mahasiswa. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan 78% mahasiswa sistem e-learning, selebihnya hanya sekedar tahu dan cukup tahun dengan 16% dan 6%. Selain itu dari sisi kepuasan dan kemudahan terhadap sikap pengguna e-learning dapat di gambarkan bahwa akses terhadap ilmu pengetahua mempengaruhi kepuasan pengguna, begitu interaksi sosial dan efektifitas berpengaruh langsung terhadap penggunaan e-learning. Penelitian ini memberikan kontribusi pengetahuan tentang penggunaan e-learning pada institusi pendidikan dari kepuasan dan sikap pengguna. Dengan memperluas pemahaman tentang pengaruh sikap dan kepuasan serta kemudahan terhadap penggunan e-learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. Belawati, “Penerapan e-learning dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia,” Cakrawala Pendidik. E-learning, pp. 398–418, 2003.
L. Gani, “E-Learning is a Must, Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pemerataan Akses dan Peningkatan Mutu Pendidikan, disampaikan dalam Workshop,” E-Learning, pp. 29–31, 2006.
M. F. Saifuddin, “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa,” J. VARIDIKA, vol. 29, no. 2, pp. 102–109, 2018, doi: 10.23917/varidika.v29i2.5637.
F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,” Manage. Sci., vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, 1989, doi: 10.1287/mnsc.35.8.982.
V. Venkatesh, S. A. Brown, and H. Bala, “Bridging the Qualitative–Quantitative Divide: Guidelines for Conducting Mixed Methods Research in Information Systems,” MIS Q., pp. 21–54, 2013.
M. Mailizar, A. Almanthari, and S. Maulina, “Examining teachers’ behavioral intention to use e-learning in teaching of mathematics: An extended tam model,” Contemp. Educ. Technol., vol. 13, no. 2, pp. 1–16, 2021, doi: 10.30935/CEDTECH/9709.
M. Parker, “Technology-enhanced e-learning: Perceptions of first year information systems students at the Cape Technikon,” 2003.
Wijaya and Suwastika, “Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017 ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA ELEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION,” pp. 558–562, 2017.
R. Yin, Methodology for an Integrative Assessment of China’s Ecological Restoration Programs. Springer, 2009.
J. W. Creswell, Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publication, 2003.
M. C. Kaptein, C. Nass, and P. Markopoulos, “Powerful and consistent analysis of likert-type ratingscales,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., vol. 4, pp. 2391–2394, 2010, doi: 10.1145/1753326.1753686.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2023.v15i1.004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah FIFO
Print ISSN: 2085-4315 | |
Online ISSN: 2502-8332 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo
e-mail:[email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.