Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis Teknologi

Rully Mujiastuti, Retnani Latifah, Hendra Hendra

Abstract


In this study an analysis of the actual conditions of MSMEs in the Pengilingan Village was carried out. Business people do not know what marketing strategies to do to overcome various emerging problems such as resources, business competition, purchasing power and are dominated by the limitations of technological innovation and the ability to use technology to gain a wider market share. This study uses data processing methods in the form of Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). SWOT is used to measure internal conditions, in the form of strengths and weaknesses made in the IFE matrix and external conditions in the form of opportunities and threats made in the EFE matrix. The processing method consists of three stages, namely the input stage, the matching stage and the decision stage. The first stage is given the weight, rating and calculation of the weighted value of the IFE and EFE matrix, the second stage is through the formulation of marketing strategies with the Internal External (IE) and SWOT matrix, and the last stage is the decision stage to choose the existing strategy using the QSPM method. Tests were conducted on 38 data through validity and reliability tests to determine whether the questionnaire instruments used were valid and reliable using Cronbach Alpha correlation. The results obtained are that the reliability of the questionnaire is 0.795 which indicates that the sample has a high scaling consistency. Because the value of Cronbach Alpha is more than 0.6, it can be said that all the questionnaire items tested are reliable. The results obtained are then seen by the correlation with inbound marketing. Obtained the correlation reached 0.942 with a significance level of 1%. From these results it can be concluded that there is a very strong connection between the use of technology and an increase in the number of consumers

Key words : Technology, Strategic Planning, Inbound Marketing, UMKM

 

Abstrak

 

Pada penelitian ini dilakukan analisis kondisi aktual UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan. Para pelaku usaha belum mengetahui strategi pemasaran apa yang harus dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul seperti sumber daya, persaingan usaha, daya beli dan didominasi oleh  keterbatasan inovasi teknologi dan kemampuan menggunakan teknologi untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data berupa Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).  SWOT digunakan untuk mengukur kondisi internal, berupa kekuatan dan kelemahan yang dibuat dalam matriks IFE dan kondisi eksternal berupa peluang dan ancaman yang dibuat dalam matriks EFE. Metode pengolahannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pemasukan (input stage), tahap pencocokan (the matching stage) dan tahap keputusan (decision stage). Pada tahap pertama diberikan bobot, rating dan perhitungan  nilai tertimbang dari matriks IFE dan EFE, tahap kedua melalui perumusan strategi pemasaran dengan matriks Internal Eksternal (IE) dan SWOT, dan tahap terakhir adalah tahap keputusan memilih alternatif strategi yang ada menggunakan metode QSPM. Pengujian dilakukan  terhadap 38 data melalui uji validitas dan reliabilitas  untuk mengetahui apakah instrument kuesioner yang digunakan sudah valid dan reliable dengan  menggunakan korelasi Cronbach Alpha. Diperoleh hasil bahwa reliabilitas dari kuesioner adalah 0.795 yang menunjukkan bahwa sampel memiliki konsistensi penskalaan yang tinggi. Karena nilai Cronbach Alpha lebih dari 0,6 maka dapat dikatakan bahwa semua item kuesioner yang diuji adalah reliable. Hasil yang diperoleh kemudian dilihat dengan korelasinya dengan inbound marketing. Didapat hasil korelasinya mencapai 0.942 dengan taraf keberartian 1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada keterhubungan yang sangat kuat antara penggunaan teknologi dengan peningkatan jumlah konsumen.

 

Kata Kunci: Teknologi, Strategi pemasaran, Inbound marketing, UMKM

 


Keywords


Teknologi; Strategi pemasaran; Inbound marketing; UMKM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah FIFO

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo/editor/view/5798

Jurnal Ilmiah FIFO
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-4315
e-ISSN: 2502-8332
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:fifo.journal@mercubuana.ac.id

  Creative Commons Licence 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

width= width=

Image result for jurnal sinta