Penyusunan SOP AP di Bagian Sekretariat pada Dispustakar Kota Balikpapan dengan Menggunakan BPMN

Ananda Oktavia Putri Pratama, Muhammad Gilvy Langgawan Putra

Abstract


Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan adalah instansi pemerintah yang menyelenggarakan urusan pendidikan wajib dan penyelenggara kearsipan wajib yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Balikpapan terdapat permasalahan antara lain pemodelan proses bisnis dan SOP AP di sekretariat yang belum tersedia, dan selama ini bagian umum telah menggunakan acuan SOP AP dari DISDUKCAPIL Kota Balikpapan dalam menjalankan kegiatan administrasi pemerintahan. Penyusunan SOP AP sesuai standar di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan akan memberikan peluang profesionalisme dan dapat meminimalisir terjadinya mal penyelenggaraan pemerintahan. Adapun tahapannya yaitu, mengidentifikasi masalah, kemudian mengumpulkan studi literatur yang relevan. Kemudian mengumpulkan data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan mereview dokumen SOP AP DISDUKCAPIL Kota Balikpapan, selanjutnya dilakukan proses identifikasi. Setelah didapatkan proses identifikasi dilanjutkan dengan proses pemodelan arsitektur. Proses selanjutnya adalah proses penemuan yang dilakukan dengan tiga metode, dan pemodelan sebagaimana adanya dengan menggunakan BPMN dan terakhir penyusunan SOP AP. Hasil dan pembahasan model proses bisnis dan SOP AP adalah Pelayanan Kepegawaian, Kegiatan Rutin, Penyediaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana, dan Keuangan.

Keywords


Dinas Perpustakaan dan Arsip Balikpapan City; Process; SOP AP

Full Text:

PDF

References


Dumas, Marlon., Rosa, Marcello., Mendling, Jan., Reijers, Hajo. 2013. Fundamental of Business Process Management. London: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

I, OEG. B. P. M. 2006. Business Process Modelling Notation (BPMN) Spesification 1.0. Final Adopted Spesification: Technical Report OMG.

NEGARA, P. A. 2012. Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Jakarta: MenPAN & RB.

Parawansa, Khofifah Indar. 2014. Petunjuk Pelaksanaan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan di Lingkungan Kementerian Sosial. Jakarta: Indonesia.

Ramadhani, M. A. 2015. Pemodelan Proses Bisnis Sistem Akademika Menggunakan Pendekatan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus Institut Perguruan Tinggi XYZ).

Syarif, A. 2009. Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP & MySQL di Program Studi Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Medan: USU Repository.

Tinnila, M. 1995. Strategic Perspective to Business Process Redesign. Business Process Reengineering & Management Journal, 44-59

White, S. 2004. Introduction to BPMN. 1-11

Rahmawati, D., Rokhmawati, R. I., & Perdanakusuma, A. R. 2017. Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1337-1347.

Weske, M. 2012. Business Process Management Concepts Languages Architectures. New York: Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats