Sistem Informasi Pelayanan Jaringan Komputer

Moehamad Ibnu Triwahyudi, Ionia Veritawati

Abstract


Jaringan komputer merupakan sekumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer secara geografis terbagi menjadi LAN, MAN, WAN dan Internet. Pusat Data dan Informasi merupakan bagian dari organisasi di Kementerian Sosial yang mempunyai tugas untuk menyiapkan fasilitas layanan jaringan komputer tersebut. Pengguna layanan yang luas mencakup wilayah Indonesia membuat sebagian permintaan perubahan layanan jaringan komputer terlewatkan untuk ditindaklanjuti dan belum ada monitoring terhadap hal tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diusulkan untuk membangun sistem informasi layanan jaringan komputer yang dapat memudahkan pengguna dan administrasi pengelola yaitu dengan menyediakan fitur untuk mengajukan permintaan perubahan layanan dari pengguna; kelola unit / instansi, grup lokasi, jenis layanan; dan monitoring layanan. Sistem dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Pada tahap analisis menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram dan Entity Relationship Diagram (ERD). Proses pengujian sistem informasi dilakukan dengan metode blackbox testing. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi berbasis web yang dapat menampung kebutuhan pengguna, menyimpan dokumen permintaan perubahan layanan serta memudahkan dalam mengelola permintaan perubahan layanan. Dengan hasil tersebut dapat menjadi pendukung untuk meningkatnya kualitas layanan kepada pengguna.


Keywords


berbasis web; layanan jaringan komputer; sistem informasi; UML; waterfall

Full Text:

PDF

References


Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal. Pasal 1.

Rezki Kurniati, Jaroji, Agustiawan. 2018. Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika. Vol.3. 16-23 (Juni 2018).

Purwadarminto. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.

Eka Yuniar, Mochamad Hasanudin Muslim. 2018. Sistem Informasi Layanan Kesehatan dengan Menggunakan Codeigniter pada Puskesmas Bululawang. Jurnal Ilmiah dan Teknik Informatika, Vol. 12. 1-14 (Mei 2018).

Bobby Bachry, 2013. Pengembangan Sistem Informasi Jaringan Berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) Pada PT. Sinar Antjol. Jurnal Informatika, Vol. 13, No.1, Juni 2013, p. 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/102367-id-none.pdf

Hendri, 2017. Sistem Informasi Pencatatan Gangguan Jaringan Berbasis Web. Jurnal Informatika, Vol. 4 No.1 April 2017, p. 137~145.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/10.22441/format.2022.v11.i1.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats