PERANCANGAN SISTEM REPORTING KERJA KARYAWAN BERBASIS WEB PADA RUANGAN NETWORK OPERATION CENTER BAGIAN FRONT OFFICE (STUDI KASUS : NETWORK OPERATION CENTER XL AXIATA)

Kapung Rizki Siregar, Nur Ani

Abstract


Pencatatan laporan kegiatan karyawan adalah salah satu kebutuhan perusahaan dari segi strategi. Pada hakikatnya pencatatan laporan kegiatan ini ada dalam pengawasan pimpinan perusahaan yang di buat dalam bentuk report. Dari kebutuhan perusahaan tersebut penelitian ini bermaksud merancang sistem reporting kerja karyawan berbasis web. Sistem reporting ini nantinya akan membantu pimpinan perusahaan dalam memantau pekerjaan karyawan. Sistem reporting yang dirancang dimaksudkan untuk mempermudah, mempercepat dan mengurangi tingkat kesalahan dalam pengolahan data pekerjaan karyawan, data jenis pekerjaan dan juga data kinerja karyawan yang ada di PT. Huawei Service bagian Network Operation Center (NOC). Adapun permasalahan pada ruangan NOC adalah sistem reporting kerja karyawan yang tidak efisien dengan pengiriman email kepada pimpinan, pimpinan perusahaan tidak membutuhkan banyak waktu untuk pengecekan email.

Sistem reporting karyawan yang dirancang nantinya akan digunakan mengubah sistem reporting yang ada di NOC yang semula melalui pengiriman email menjadi berbasis web. Dimana website ini akan memiliki fitur untuk mengarsipkan seluruh data pekerjaan karyawan berupa report pekerjaan yang sudah selesai dan juga report pekerjaan yang masih dalam proses. Dalam perancangan sistem reporting karyawan berbasis web ini metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Metode yang digunakan adalah dengan model pengembangan Waterfall melalui tahapan analysis dan design.


Keywords


pusat layanan jaringan; sistem pelaporan; website; waterfall

Full Text:

PDF

References


S. Dewi, L. M. Jannah, and Y. Jumaryadi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap Pada PT. Metis Teknologi Corporindo,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. September 2018, pp. 81–91, 2018.

M. T. A. Aziz and N. K. Wardhani, “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Klik Teknologi Indonesia),” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, p. 145, 2019.

N. H. Kusumo, “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Muhammadiyah Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 2, no. 2, pp. 2302–5700, 2011.

Ponidi and S. Fitrajaya, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Kecamatan Gadingrejo,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 4, pp. 68–74, 2015.

H. Hotimah et al., “A-329 A-330,” vol. 8, pp. 329–334, 2016.

P. Studi, S. Informasi, and F. I. Komputer, “Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Piutang Pada Derra Convection Jepara,” J. JOINS Udinus, no. x, pp. 1–14, 2017.

D. Syifani and A. Dores, “Aplikasi Sistem Rekam Medis Di Puskesmas Kelurahan Gunung,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2018.

Y. Sugiarti, Analisis dan Perancangan UML (Unified Modelling Language), Graha Ilmu. Yogyakarta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2019.v8.i2.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FORMAT



Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats