ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KANTONG SEMEN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOLLS (7QC) PADA PT. HOLCIM INDONESIA, TBK

Syofyan Kamal, Sugiyono Sugiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian kualitas produk kantong semen menggunakan metode seven tolls (7QC) pada PT. Holcim Indonesia, Tbk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah produk kantong semen yang diproduksi oleh PT Holcim Indonesia, Tbk  yang mengalami kerusakan/cacat yang tidak diketahui jumlahnya. Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan ditetapkan sampel adalah kantong semen produksi PT Holcim Indonesia, Tbk yang ditemukan mengalami kerusakan/cacat sehingga tidak sampai ketangan konsumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode seven tools. Metode seven tools untuk pengendalian kualitas terdiri dari check sheet, scatter diagram, fishbone diagram, pareto chart, flow chart, histogram, control chart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor Manuasia dalam tulang ikan berpengaruh terhadap jumlah kantong rusak pada produksi kantong semen di Mesin Bottomer, 2) Faktor Metode dalam tulang ikan berpengaruh terhadap jumlah kantong rusak pada produksi kantong semen di Mesin Bottomer, 3) Faktor Lingkungan Kerja dalam tulang ikan tidak berpengaruh terhadap jumlah kantong rusak pada produksi kantong semen di Mesin Bottomer, dan 4) Faktor Mesin dalam tulang ikan berpengaruh terhadap jumlah kantong rusak pada produksi kantong semen di Mesin Bottomer.


Keywords


Seven Tolls (7QC), Faktor Manuasia, Faktor Metode, Faktor Lingkungan Kerja, Faktor Mesin, Kualitas Produk Kantong Semen

Full Text:

PDF

References


Bayu Tasman dan Henny Yulius. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Kantong Semen TIpe Pasted Bag Menggunakan Metode Seven Tolls (7QC) Pada PT. Semen Padang. Jurnal Teknologi, Vo. 6, No. 1, Juni 2016, Hal. 51 – 63.

Gunawan, C. (2014). Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Metode Statistik pada Proses Produksi Pakaian Bayi di PT. Dewi Murni Solo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(2), 1 – 14.

Iswandi Idris, Ruri Aditya Sari., Wulandar., dan Uthumporn, U. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknovasi, Volume 03, Nomor 1, 66 – 80.

Mulyati, Dewi Shofi. (2015). Perbaikan Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Seven Quality Control Tools Dan Metoda Fmea (Failure Mode And Effects Analysis). Makalah, Universitas Islam Bandung.

Permana, Raden Galih Krisna Murti dan Simanjuntak, Timbul H. (2014). Analisa Pengendalian Kualitas pada Proses Final Inspeksi dengan Menggunakan Metode Seven Tools di PT Nissan Motor Indonesia. Program Studi Teknik Industri STT Wastukancana, Edisi Ke-4 Cetakan 1.

Rani, Annisa Mulia dan Widodo Setiawan. (2016). Menganalisis Defect Sanding Mark Unit Pick Up Tmc Dengan Metode Seven Tools PT. ADM. Jurnal Integrasi Sistem Industri, Volume 3 No. 1.

Ratnadi, Erlian Suprianto. (2016). Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Alat Bantu Statistik (Seven Tools) Dalam Upaya Menekan Tingkat Kerusakan Produk. Program Studi Teknik & Manajemen Pembekalan Fakultas Teknik Universitas Nurtanio Bandung

Varsh, M., M.,V. (2015). Application of 7 Quality Control (7 QC) Tools for Continuous Improvement of Manufacturing Processes. International Journal of Engineering Research and General Science 2(1), June – July.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v3i1.5172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis

INDIKATOR
Magister Manajemen Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436
Tlp./Fax: +62218449635
p-ISSN: 2598-6783
e-ISSN: 2598-4888
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats