PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG TAMAN KULINER KUMKUM
Marselina Rosarin Milo
Abstract
ABSTRACT This study attempts to analyze Food Quality and Service Quality towards Customer Satisfaction and the Implications for the Interest in Repurchasing Kumkum Culinary Parks. Sampling submitted to the consumers of the Culinary Park Kuminta 500 is obtained. This study uses the Slovin formula to calculate the size needed. Data analysis carried out is quantitative analysis determined by numbers and calculations using standard methods supported by Version 3.0 of Partial Least Square (PLS) programs. The results showed that (1) Food Quality had a significant effect on Customer Satisfaction, (2) Service Quality had a significant effect on Customer Satisfaction, (3) Customer Satisfaction had no significant effect on Repurchase Intention, (4) Food Quality had a positive and significant effect on Repurhase Intention with Customer Satisfaction as an Intervening variable, and (5) Service Quality has a positive and significant effect on Intentional Repetition with Customer Satisfaction as an Intervening variable
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya terhadap Minat Pembelian Ulang Taman Kuliner Kumkum. Pengambilan sampel ditujukan kepada konsumen Taman Kuliner KumKum berjumlah 500. Adapun penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk menghitung ukuran sampel yang diperlukan. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungannya menggunakan metode standart yang dibantu dengan program Partial Least Square (PLS) Versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Makanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang, (4) Kualitas Makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Intervening, dan (5) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Intervening.
Keywords
Repurchase Intention, Customer Satisfaction, Food Quality, Service Quality
INDIKATOR Magister Manajemen Universitas Mercu Buana Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436 Tlp./Fax: +62218449635 p-ISSN: 2598-6783 e-ISSN: 2598-4888 http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator