Peran Relawan Pajak Dalam Proses Pelayanan SPT Tahunan di Masa Pandemi

Warno Warno, Zulifa Ivada Asikin, Uswatun Khasanah, Ahmad Jauhary Wijaya, Uswatun Nadziroh

Abstract


Relawan Pajak merupakan salah satu bentuk Insklusi Kesadaran Pajak yang merupakan kerja sama antara Otoritas Jenderal Pajak dengan Lembaga Pendidikan Tinggi. Kegiatan Relawan Pajak merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini ditunjukkan melalui pelayanan, edukasi, dan sosialisasi perpajakan kepada Wajib Pajak yang datang ke KPP Pratama Blora serta masyarakat umum dengan memanfaatkan teknologi informasi modern. Selain itu, pengabdian ini bertujuan untuk mendukung penerimaan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak pada tahun 2021 serta meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak di Blora. Pelayanan atau asistensi yang dilakukan Relawan Pajak diantaranya adalah mengarahkan wajib pajak yang datang sesuai dengan kebutuhan wajib pajak, membantu Wajib Pajak dalam pembuatan kode billing, membantu menginput register harian berkas penerimaan SPT Wajib Pajak, membantu proses pemberkasan Surat Tagihan Pajak (STP), membantu Wajib Pajak mengisi laporan     SPT serta mengedukasi Wajib Pajak proses pengisian SPT yang diharapkan agar pada tahun berikutnya Wajib Pajak dapat lapor mandiri tanpa perlu datang ke KPP Pratama Blora


Keywords


Edukasi, EFIN, Pajak, Pelayanan, Relawan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Panjaitan , “Peran Relawan Pajak dalam Proses Penyampaian Spt Tahunan Orang Pribadi Secara E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah”, (Universitas Sumatera Utara, 2020), 59.

Aisya Salsabiela, “Pelayanan STP (Surat Tagihan Pajak) Dikantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman Yogyakarta” Skripsi Fakultas Bisnis Ekonomi, Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta, 2020

Ni Ketut Sriwinarti, Dewa Ayu Oki A dkk , “Pendampingan Pelaporan SPT Tahunan Berbasis E-filing Bagi Pedagang Kelontong di tengah Wabah Covid-19” , Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat , Vol.1 No.1 , 2020 , hal 22

Lina Nurlaela , “Pengaruh Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Pratama Garut” , Jurnal Wahana Akuntansi , Vol. 02 No. 02 , 2017 , hal 3

Gilbert Dwi Reinaldo Manullang, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi dkk , “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderasi Pada Kpp Di Provinsi Bali” , Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi , Vol. 11 No. 1 , 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.2022.v7.i2.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam