Strategi Pemanfaatan Media Sosial, Dan Harga Online Terhadap Peningkatan Omzet Penjualan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 (Masakan Rumahan Sekitar Tangerang Selatan)

Rahayu Lestari, Elwisam Elwisam

Abstract


Penggunaan media daring dalam kegiatan belanja/pembelian oleh masyarakat saat ini memberikan dorongan tersendiri khususnya bagi penyedia jasa yang menjadi pilihan masyarakat tersebut. Sarana media sosial memiliki banyak manfaat yang digunakan kalangan masyarakat dalam kegiagtan bisnisnya. Jangkauan yang luas dengan penggunaan media sosial sehingga untuk pemesanan salah satu produk bisnis akan dapat tersampaikan ke banyak orang dan memberikan kemudahan kepada orang lain juga yang membutuhkan informasi tersebut. Kemudahan inilah yang membuat fungsi media sosial begitu lekat dengan upaya peningkatan penjualan baik bisnis online, maupun offlin. Penelitian dilakukan terhadap 100 Pembuat/Pemasata Masakan Rumahan di sekitar Tangerang Selatan.

Elemen strategi pemasaran sangat penting bagi UKM untuk meningkatkan omzet penjualan produknya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh media sosial terhadap peningkatan omzet penjualan, (2) Menganalisis pengaruh harga online terhadap peningkatan omzet penjualan.   

Penelitian dilakukan di beberapa Pembuat/Pemasar Masakan Rumahan di sekitar Tangerang Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari wawancara dengan kelengkapan berupa kuesioner. Analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel laten adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.70. Berdasarkan hasil penelitian, didapat temuan penelitian bahwa media sosial dan harga online secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap terhadap peningkatan omzet penjualan. Secara partial media sosial paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan omzet penjualan.


Keywords


media sosial, harga online, omzet penjualan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v4i2.12247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)



JDM (Jurnal Doktor Manajemen)
P-ISSN: 2622-5352
E-ISSN:2622-9285
Universitas Mercu Buana Program Doktor Manajemen, Gedung Internasional dan Program Pascasarjana Lt.2-3.
Jl. Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat 11650

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

width= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats