Pentingnya Motivasi Sebagai Pendukung Kinerja Mahasiswa Indonesia di Tiongkok

Ding Chong, Ahmad H. Sutawidjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasikan bagaimana pengaruh motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Indonesia pada perguruan tinggi di Tiongkok. Dalam penelitian ini, responden adalah mahasiswa Indonesia pada empat universitas di kota Wuhan, Tiongkok. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan wawancara langsung dengan responden. Selain metode pengumpulan data tersebut, penelitian ini juga menggunakan teknik analisis Moleong berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menidentifikasikan bahwa seluruh aspek yang diteliti menunjukkan pencapaian yang sangat baik. Dengan demikian, motivasi belajar memiliki peran penting dalam menunjang prestasi mahasiswa Indonesia yang kuliah di Tiongkok. Semakin tinggi motivasi berprestasi siswa maka akan semakin baik pula prestasi akademik siswa tersebut. Semakin rendah motivasi berprestasi siswa, maka semakin rendah pula prestasi akademik yang diperoleh. Pada akhirnya, siswa dengan motivasi tinggi akan berhasil memahami atau memperoleh prestasi akademik yang cenderung tinggi dan siswa yang motivasi berprestasinya rendah sebaliknya cenderung memperoleh prestasi belajar yang rendah.


Keywords


Motivasi, Kinerja Pelajar

Full Text:

PDF

References


Bernaus, M., & Gardner, R. C. (2008). “Teacher motivation strategies, student perceptions, student motivation, and English achievement”. The Modern Language Journal, 92(3), 387- 401.

Brown, Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Fatiha, M., B. Sliman, B. Mustapha and M. Yahia. (2014). “Attitudes And Motivations In Learning English As A Foreign Langauge”. International Journal of Arts & Sciences, 117–128 (2014).

Gonzales, R. DLC.(2010). “Motivational Orientation in Foreign Language Learning: The Case of Filipino Foreign Language Learners”. TESOL Journal, 3, 3-28. Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Legault, L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation. Encyclopedia of personality and individual differences, 2416-2419.

Mazumder, Q. (2014). “Student Motivation and Learning Strategies of Students from USA, China and Bangladesh”. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(4), 205-210.

Nurmala, D. Ayu, LE. Tripalupi, N. Suharsono. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi”. Singaraja:

Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal, 4(1): 20-32.

Tian-ping, Y. (2013). Ten Principles of School Motivation in China. US-China Education Review, 882-980.

Ushioda, E. (2016). Language learning motivation through a small lens: A research agenda. Language Teaching, 49(4), 564-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v5i1.15101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats