ANALISIS PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI MEDIASI PADA SHOPEE DISTRIBUTOR

Miftakul Huda, Syahrudin Syahrudin

Abstract


Persaingan global yang semakin berat menjadi sangat penting untuk memaksimalkan kinerja perusahaan, dari segi ekternal atau internal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai mediasi studi pada kasus Shopee Distributor di Kabupaten Cirebon. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh yaitu 180 responden yang menjadi mitra ninja ekspress di Kabupaten Cirebon. Analisis data yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan IBM Statistic AMOS. Hasil penelitian ini menggunakan 2 asumsi nilai Maksimum likehood dan Maksimum likehood bootstrap dengan hasil (1) Ada pengaruh positif signifikan supply chain management terhadap keunggulan bersaing. Hal ini karena nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,004 dengan interpretasi hasil sebesar 1,028. (2) Ada pengaruh positif signifikan supply chain management terhadap kinerja perusahaan. Hal ini karena nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,047 dengan interpretasi hasil sebesar 0,922.(3) Ada pengaruh positif tidak signifikan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. Hal ini karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,985 dengan interpretasi hasil sebesar 0,048. (4) Ada pengaruh positif tidak signifikan supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai mediasi. Hal ini karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,985 dengan interpretasi hasil sebesar 0,049.

Keywords


Syahru

Full Text:

PDF

References


Alihar, F. (2018). Pengaruh Supply Chain Management dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan. Pengaruh Supply Chain Management Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Perusahaan, 66, 37–39. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Amstrong, P. K. dan G. (2005). Prinsip-prinsip pemasaran. 322.

Anatan, L. (2010). Pengaruh Implementasi Praktik-Praktik Manajemen Rantai Pasokan terhadap Kinerja Rantai Pasok dan Keunggulan Kompetitif. 106 Karisma, 4(2), 106–117.

Arrias, J. C., Alvarado, D., & Calderón, M. (2019). Pengaruh Supply Chain Management (SCM) Terhadap Kinerja Perusahaan dan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UKM Tenun di Desa Gamplong Gamplong Sumber Rahayu Moyudan Sleman, Yogyakarta). 5–10.

Bentler, T, W. Y. &, & Zhu. (n.d.). bootstrap mode.

Haryono, Si. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen : AMOS, LISREL & PLS.

Hidayat, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis Online Shop (Baju Anak-Anak) di Kota Serang. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(2), 164–181. https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i2.5148

Huda, M., & Hartati, N. (2022). Implementasi Strategi Terhadap Supply Chain Management, Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 5(1), 28–35. https://doi.org/10.36787/jsi.v5i1.646

Jati. (2015). Pengaruh Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Bisnis (Studi Kasus Warung Makan di Wilayah Tlogosari Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(1), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13019/0

Kline. (2005). analisis bootstrap.

Kristianto, Y. (2015). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1–19. http://repository.ubaya.ac.id/25161/

Li, S., Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply chain management practices on competitive advantage and organizational performance. Omega, 34(2), 107–124. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002

Marinagi, C., Trivellas, P., & Sakas, D. P. (2014). The Impact of Information Technology on the Development of Supply Chain Competitive Advantage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 147, 586–591. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.161

Santi, maya, S. (2018). Jurnal Pengaruh Supply Chain Management (SCM) terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Pengaruh Supply Chain Management (SCM) Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan Pada UKM Industri Kuliner Kabupaten Sleman, 16.

Sekaran. (2006). Research methods for busines metodologi penelitian untuk bisnis.

Suharto, R., & Devie, D. (n.d.). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.

Taufik; Ayuningtyas, & Kusumah, J. R. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Business and Online Platform Existance. 22(5), 21–32.

William J, Choung, dan S. C., & Stevenson. (2014). Manajemen Operasi Prespektif ASIA.

Wulandari, Sari, R. N. dan, & Azhar, A. (n.d.). Pengaruh Supply Chain Management terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v6i2.20597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats