PENGARUH GAYA HIDUP, LOKASI, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK RESTORAN MAKANAN CEPAT SAJI DI INDONESIA

Audina Nurrahmanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai pengaruh apa saja yang mempengaruhi Keputusan Pembelian pada produk restoran makanan cepat saji di Indonesia. Variabel independen yang didapatkan dari hasil pra survei adalah Gaya Hidup, Lokasi, dan Word of Mouth. Sedangkan variabel dependen yang didapatkan adalah Keputusan Pembelian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Structural Equation Model (SEM) dengan alat pengolahan data menggunakan PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk berwilayah tinggal di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, dengan sampel 220 responden. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Judgmental Sampling dan Snowball Sampling. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Hidup berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, serta Word of Mouth berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Gaya Hidup; Lokasi; Word of Mouth; Keputusan Pembelian; Produk Restoran Makanan Cepat Saji

Full Text:

PDF

References


Anwar, Citra Rosalyn. (2016). Fast Food: Gaya Hidup dan Promosi Makanan Siap Saji. Jurnal Etnosia. 1(2), 54-65.

Aulia, Sitti Geubrina Beu., Makmur, T., dan Hamid, Ahmad Humam. (2018). Perilaku Konsumsi Fast Food Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. 3(1), 130-139.

Chandra, Felita., dan Pranatasari, Fransisca Desiana. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Enterprise. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 3(2), 260-269.

Currie, Janet., Vigna, Steffano D., Moretti, Enrico., dan Pathania, Vikram. (2010). The Effect of Fast Food Restaurants on Obesity and Weight Gain. American Economis Journal: Economic Policy. 2(3), 32-63.

Ekasari, N., dan Hartono, R. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Apple. Digest Marketing. 2(1), 65-72. ISSN: 2302-4682.

Hafid, Wahyuni., dan Hanapi, Sunarti. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik dan Konsumsi Fast Food dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat. 1(1), 6-10. ISSN: 2549-6654.

Hair, Joseph F., Black, William C., dan Anderson, Rolph E. (2011). Multivariate Data Analysis. 7th edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, Aliftsa., dan Yulianti, Ai Lili. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Waroeng Steak and Shake Jln. Banteng No. 14 Bandung). e-Proceeding of Management. 4 (2), 1855-1861. ISSN: 2355-9357.

Mutoharoh., Hasiolan, Leonardo Budi., dan Minarsih, Maria Magdalena. (2015). Pengaruh Iklan Televisi, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Kesehatan “Dettol” di Swalayan Ada Setiabudi Semarang. Journal of Management. 1 (1), 1-11. ISSN: 2502-7689.

Wijayanti, Heni., dan Handayani, Christina Menuk Sri. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada PT.Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi. 20 (1), 109-123. ISSN: 1411-9501.

Pamungkas, Bagas Aji., dan Zuhroh, Siti. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Komunikasi. 10 (2), 145-160.

Lotulung, Shelvani Chichilia., Lapian, Joyce., dan Moniharapon, Silchyljeova. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss pada CV.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal EMBA. 3 (3), 817-826. ISSN: 2303-11.

Polla, Febriano Clinton., Mananeke, Lisbeth., dan Taroreh, Rita N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan SEA. Jurnal EMBA. 6 (4), 3068-3077. ISSN: 2303-1174.

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen:Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip., dan Amstrong, Gary. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., dan Armstrong, Gary. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mokoagouw, Milly Linkan. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Samsung Mobile it Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16 (1), 493-502.

Ningsih, Ekawati Rahayu. (2010). Perilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek Dalam Pemasaran. Cetakan 1. Kudus: Nora Media Enterprise.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Rahmah, Khairunnisa., Sumarwan, Ujang., dan Najib, Mukhamad. (2018). The Effect of Brand Equity, Marketing Mix, and Lifestyle Toward Purchase Decisionat Coffee Shop in Bogor. Journal of Consumer Sciences. 3 (2), 1-15.

Rachmawati, Dwi., Shukri, Sakinah., Azam, S.M Ferdaus., dan Khatibi, Ali. (2019). Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in Selangor, Malaysia. Management Science Letters. 9, 1341-1348.

Setiyono, Ivenne Vernica., dan Dewi, Liliana. (2017). Effect Event, Word of Mouth, and Direct Marketing on Purchase Decision. Review of Management and Enterpreneurship. 1 (1), 24-35.

https://www.kompasiana.com/

Diakses pada tanggal 15 April 2019

https://www.liputan6.com/

Diakses pada tanggal 16 April 2019

https://ekonomi.bisnis.com/

Diakses pada tanggal 16 April 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i2.16800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Fundamental Management (JFM)