PENGARUH DESIGN PRODUCT, BRAND IMAGE DAN EMOTIONAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi Kasus Pada Masyarakat Wilayah Jakarta Barat)

Dea Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh design product, brand image dan emotional marketing terhadap keputusan pembelian pada produk iPhone. Subjek pada penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk iPhone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 172 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk Structural Equation Modeling (SEM) – Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa design product berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk iPhone, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk iPhone dan emotional marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk iPhone.


Keywords


Design Product; Brand Image; Emotional Marketing; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Amwaluna, Vol. 1, No. 2, Hal 178-189, Juli 2017.

Aprilia, T. L. (2016). Pengaruh Brand Image Produk Apple Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Komunitas Instamarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2016, 4 (3), 421-431.

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand image and product price; Its impact for Samsung smartphone purchasing decision. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, 221-227.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen). Edisi 5. Semarang: Universitas Diponogoro Press.

Foster, B. (2016). Impact of Brand Image on Purchasing Decision. American Research Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2, 2016.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Caps.

Indarwati, T.A., & Tiarawati, M. (2015). Startegi Pemasaran Melalui Experience dan Emotional Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 15, No. 1, Mei 2015.

Khuong, M. N., & Tram, V. N. B. (2015). The Effects of Emotional Marketing on Consumer Product Perception, Brand Awareness and Purchase Decision (A Study in Ho Chi Minh City, Vietnam). Journal of Economics, Business and Management, 3(5), 524.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, Vol. 9, No. 1, Februari 2015.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Patil, S. J., & Patil, Y. J. (2015). Can Emotional Marketing Change Customer’s Purchase Decision?. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 4(4), 130-141.

Peter, P.J & Olson, J.C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: The Mc Graw-Hill.

Putri, Aprilia Pragerita. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Amanda Brownies Surabaya. (JURNAL BRAND IMAGE)

Robinette, S., Brand, C., & Lenz, V. (2001). Emotion marketing: The hallmark way of winning customers for life. New York: McGraw-Hill.

Saputra, Tri Hidayat., Kadarisman, Hidayat., & Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.50, No. 6, September 2017.

Sangadji, E. M., Sopiah, D. M. S., & Pd, M. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia.

Sekaran, Uma & Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sidabutar, C. O., Suharyono, & Kusumawati, A. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Sepatu Nike Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 91-99.

Simamora, V., & Kusmiyati, E. (2017). Pengaruh Desain Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Online Internasional & Nasional, Vol. 20, No. 1, Juni 2017.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran, Cetakan Pertama Cendekia. Jakarta: Lentera Ilmu

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suprianto, D., Nugraha, H. S., & Nurseto, S. (2014). The Effect of Product Design, Price and Location Toward Purchase Decision Study of Bukit Mutiara Jaya Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 400-408.

Swastha, Basu & Handoko, Hani. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tengor, G, L. K., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 16, No. 04.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management dan Strategy. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 51, No.1, Oktober 2017.

https://databoks.katadata.co.id/datablog/2017/01/24/

Diakses pada 29 maret 2018 pukul 10.10.

https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018 Diakses pada 29 maret 2018 pukul 14.50

http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/worldwide

Diakses pada 4 April 2018 pukul 12.45

https://id.techinasia.com/emotional-marketing-kendalikan-konsumen-seperti-apple

Diakses pada 25 April 2018 pukul 13.53.

https://www.counterpointresearch.com/global-smartphone-share/

Diakses pada 15 mei 2018 pukul 16.00

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/22/03130057/daftar-smartphone-terlaris-di-dunia-siapa-juaranya

Diakses pada 30 mei 2018 pukul 17.46

https://inet.detik.com/consumer/d-3220648/bos-apple-akui-harga-iphone-kemahalan

Diakses pada 30 mei 2018 pukul 10.15

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/26/11190087/mengapa-pengguna-android-pindah-ke-ios-dan-sebaliknya-

Diakses pada 9 September 2018 pukul 20.21

https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc

Diakses pada 18 Oktober 2018 pukul 14.11




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i2.16801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Fundamental Management (JFM)