PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Paket IndiHome Jakarta Timur)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian”. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dari penelitian ini yaitu pengguna indihome Jakarta Timur. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 165 responden yaitu pengguna indihome Jakarta Timur sebagai sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling atau convenience sampling. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis SPSS 26 dan Smart Pls 3.3.9. Teknik yang digunakan dalam pengujian data adalah uji instrumen dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,416). Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,234). Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,002) .
Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek , Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amron. (2018). Arlin, R.D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun 17 (2), 174-183.
Arief, M. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan
Penggunaan Jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) Perdagangan Kec. Bandar Kab.
Simalungun. Universitas Sumatera Utara. Repositori Institusi USU
http://repositori.usu.ac.id
Arslan, M., & Phil, M. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer
Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and
Social Sciences. 4 (22), 98-107.
Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Beneke, J., & Zimmerman, N. (2014). Beyond Privat Label Panache : The Effect of Store
Image And Perceived Price on Brand Prestige. Journal of Consumer Marketing.
(4), 301 – 311
CCNIndonesia. (2020, April 09). Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat
Persen di RI. Diambil kembali dari
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-
/pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri
Fauziyah. (2019). Pengaruh Periklanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Restoran Cepat Saji Mcdonald .
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19.
Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81-89.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya
Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 01(03),
-283.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least
Squares (PLS) Dilengkapi Software SmartPLS 3.0. Xlstat 2014 Dan WarpPLS 4.0.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A primer on partial least
squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.
Haryoko, M. F. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan
Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cabang Cikokol
Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif 2 (2), 280-286.
Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan Kedua.
Ilham, D. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-Commerce
Terpercaya Di Indonesia. Jurnal Economic 1 (5), 1-13.
JakPat. (2021, Maret 21). Konsumsi Internet di Indonesia Meningkat saat Pandemi Corona.
Diambil kembali dari
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/konsumsi-internetdi-indonesia-meningkat-saat-pandemi
corona?utm_source=Direct&utm_medium=Homepage&utm_campaign=B
IG%20HL%20Slide%201
Jatmiko, L. D. (2020). IndiHome Jadi Favorit Indonesia Kalahkan First Media Versi
APJII.Diambil kembali dari Bisnis.com:
https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315964/indihome-jadifavorit-indonesia-kalahkan-first-media-versi-apjii.
Jeniver, P. (2020). Pengaruh Brand Image, Instagram Advertising Media Dan Product Quality
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Di Blend Coffe Padang. Jurnal Teknik
Industri 5 (12), 11-19.
Jonianto, S. D. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan
Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas .
Kasmir & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Kedua, Vol. 6). Jakarta: Kencana.
Kompas.com. (2020, April 10). Tanggapi Keluhan Jaringan IndiHome Lambat Saat Work
from Home, Ini Jawaban Telkom. Diambil kembali dari
https://amp.kompas.com/tren/read/2020/04/10/115855865/tang
Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L., (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson
Education,Inc.
Kotler, Philip, Keller., & Kevin Lane. (2013). Marketing Management : Fourteenth Edition,
New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Lupiyoadi, & Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.
Malik, H. R. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan
Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.Com di Jakarta Pusat. Jurnal Revormasi
Administrasi 3 (1), 114-125.
Manengal, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Penetapan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Esa Genangku (Esacom) Manado. Jurnal
riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akutansi 3 (3), 1254-1264
Masyhuri. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Promosi
Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo Journal of Business and Management
(5), 1-13.
Maulana. (2015). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta, Liputan 6.com, 26
Maret 2015.
Mertayasa, H. M. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan 8nTerhadap
Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka.Com Pada
Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora
Univeritas Dhyana Pura Bali. 13 (1), 63-73.
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social &
Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-
-8.92001-4
Pramesti, S. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamanan Terhadap
Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen Bisnis
Indonesia 4 (3), 1-10.
Qaswa. (2019). The Impact Of emotional Advertising on Consumer Purchase Behaviour in
Indonesia . Journal of Managerial Studies and Research. 5 (12), 11-19.
Rangkuti., & Freddy. (2010). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Puataka
Utama.
Ratih. (2020, August 17). Mengenal Kualitas Pelayanan Secara Lengkap. Diambil kembali
dari https://tambahpinter.com/kualitas-pelayanan/
Rusdy. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli All New Yaris
(Studi Di Toyota AUTO 2000 Waru Sidoarjo). Jurnal Ilmu Manajemen, 04 (02),
-51.
Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, 11th ed. Harlow: Pearson
Education Limited.
Shimp., & Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi
Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Sondakh., & Conny. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap
Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus
BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(01), 2014:19-32.
Universitas Sam Ratulangi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,
CV.
Swa. (2016) TelkomGroup Raih Penghargaan Top IT dan Telco 2016. [Online] Telkom
Indonesia. (2017). About Telkom. www.telkom.co.id. 11 Februari 2017.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi.
Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Utama, A. P. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa dengan Kepuasan Pelanggan Di RS Husada
Jakarta. Jurnal Ekonomi, 21(01), 130-142.
Utama, A.P., Kosasih., & Trisnawati, N. (2021). The Influence of Customer Value and Brand
Image on The Loyality of Nissan Car Users, And Satisfaction as A Mediating
Variable. Dinasti International Journal of Management Science, 2 (5), 741-750.
Wartaekonomi. (2020, April 13). Pengguna IndiHome Meningkat Selaras dengan Adanya
Program Bekerja dan Belajar dari Rumah. Diambil kembali dari
https://amp.wartaekonomi.co.id/berita280764/pengguna-indihomemeningkat-selaras-dengan-adanya-program-bekerja-dan-belajar-dari- rumah
Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya
Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis dan Akutansi, 1 (4), 23-32.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. PT Indeks, Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i3.17629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)