PENGARUH CONTENT MARKETING, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PAKET BERLANGGANAN PLATFORM STREAMING NETFLIX INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Content Marketing, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Paket Berlangganan Platform Streaming Netflix Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif yang menggunakan data primer dan sekunder. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 190 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) melalui software statistik smart-PLS 3.0. Hasil analisis hipotesis menunjukan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli paket berlangganan platform streaming Netflix Indonesia, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli paket berlangganan platform streaming Netflix Indonesia, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli paket berlangganan platform streaming Netflix Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, C. D. (2020, June). Pengaruh Content Marketing Di Instagram @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP, 7, 1-11.
Annur, C. M. (2022, March). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Retrieved April 2022, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,tercatat%20sebanyak%20202%2C6%20juta.
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3, 49-56.
Aspeyani, C., & Komalawati. (2021, February). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Online Pada Perusahaan E-Commerce Traveloka (Studi Pada Pengguna Traveloka Di Universitas Dhyana Pura). Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 16(1), 70-88.
Bakhtiar, M. R., & Sunarka, P. S. (2019, December). Keamanan, Kepercayaan, Harga, Kualitas Pelayanan Sebagai Pemicu Minat Beli Customer Online Store Elevenia. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(2), 203-218.
Dapas, C., Purwanto, E., Sitorus, T. B., & Ihalauw, J. J. (2019, January). The Effect of Service Quality and Website Quality of Zalora.com on Purchase Decision as Mediated by Purchase Intention. 20(169), 87-92.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Foster, B., & Johansyah, M. D. (2019). The Effect of Product Quality and Price on Buying Interest with Risk as Intervening Variables (Study on Lazada.com Site Users). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(12), 66-78.
Gestari, R. D., & Mariah. (2021, February). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Pada JD.ID di Jakarta. Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 8(1), 9-16.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Herdioko, J. (2017, December). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring : Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffe. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 12(2), 129-136.
https://www.netflix.com/id/. (n.d.). about Netflix. Retrieved July 2021, from about.netflix.com: https://about.netflix.com/id
Jayani, D. H. (2019, August). Berapa Pelanggan Streaming Netflix di Indonesia? (H. Widowati, Editor) Retrieved July 2021, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/13/berapa-pelanggan-streaming-netflix-di-indonesia
Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-84.
Naue, A. S., Kalangi, J. A., & Mukuan, D. D. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Minat Beli pada Aplikasi Spotify (Studi Kasus pada Konsumen Spotify di Kota Manado). Productivity, 2(2), 98-101.
Netflix. (n.d.). Retrieved July 2021, from www.netflix.com: https://www.netflix.com/id-en/
Permana, A. I. (2020, January). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Jurnal Ekonomi Bisnis, 25(2), 94-110.
Pertiwi, W. K. (2021, January 20). Pelanggan Disney Plus Hotstar Lampaui Netflix di Indonesia. (O. Yusuf, Editor) Retrieved July 2021, from tekno.kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/01/20/18010097/pelanggan-disney-plus-hotstar-lampaui-netflix-di-indonesia?page=all
Riyadini, N. G., & Krisnawati, W. (2022, March). Content Marketing, Brand Awareness and Online Customer Review On Housewives' Purchase Intention On Shopee. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 733-741.
Sudarsono. (2020). Pengaruh Big Data, Content Marketing, Artificial Neural Networks Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Secara Online di Indonesia. SENORITA, 1(1), 286-299.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet.26 ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Viantani, D. K. (2018, August). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Aplikasi Streaming Musik JOOX. Prosiding Conference on Economic & Business Adi Buana University of Surabaya, 57-65.
Wikipedia. (2022). Netflix. Retrieved April 2022, from id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Netflix
Wildan, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Harga, Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Lazada. e – Jurnal Riset Manajemen, 7(15), 103-116.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v2i2.17742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)