ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MCDONALD’S DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada McDonald’s Karang Tengah)

Fitri Indah Lestari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari 1) Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen; 2) Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; 3) Digital Marketing terhadap Kepuasan Konsumen di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan 150 sampel dengan metode kuantitatif dan menyebar kuesioner kepada konsumen McDonald’s di Karang Tengah yang kemudian datanya diolah menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) pada aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil daripada penelitian ini menyatakan bahwa Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sementara Digital Marketing tidak berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.


Keywords


Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W. & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnsi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Andriani, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pembeli di Restoran Fast Food McDonald's Cabang Ciater, Kota Tangerang Selatan). digilib.esaunggul.ac.id, 5.

Apriyani, D.A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). JAB : Jurnal Administrasi Bisnis, 51, 3.

Chi, H.K., Huang, K.C., & Nguyen, B.D.T. (2019). Service quality and customer satisfaction in restaurant industry in Vietnam - A comparison between meta-analysis and empirical study. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 08, 28.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa GrabCar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). PERSPEKTIF, XVI, 2.

Etikan, I., Musa, S.A., & Alkassim, R.S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5, 1-2. doi:10.11648/j.atjas.20160501.11

Fadhli, K., & Pratiwi, N.D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. JIP : Jurnal Inovasi Penelitian, 2, 605-606.

Fadjri, A., & Silitonga P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pizza Marzano Pondok Indah Mall 2. AKPINDO eRepository, 3, 1.

Fauziyah, Fauziyah. (2019). Pengaruh Periklanan, Persepsi Harga, dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Cepat Saji McDonald's (Studi Kasus Pada Konsumen McDonald's Jakarta Barat). repository.mercubuana.ac.id.

Febriyantoro, M.T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Manajemen Dewantara, 1, 65.

Ghozali, I. & Latan, H. (2020). Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hayati, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Nilai Pelanggan dan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service (Studi Kasus Pada Bengkel Seruyan Motor). Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis , 71.

Hidayah, A. & Sumiyarsih. (2018). Dampak Ketidakpuasan Konsumen Pada Sikap Konsumen Berdasarkan Dimensi Kualitas Jasa dan Perbedaan Karakteristik Demografi. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 51.

Istiqomah, F. (2020). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Activation Terhadap Buying Decision Paket Umrah dan Haji Pada Biro Jasa Tour & Travel Persada Indonesia Surabaya. digilib.uinsby.ac.id, 28-29.

Juliana., Pramezwary, A., Tanzil, S.T., Angelina, V., & Putro, W.W.W. (2021). Analisis Kualitas Layanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan McDonald's Selama Covid-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2, 278.

Krisdianti, D.L., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PadaRestoran Pizza HUT Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 70, 36.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi dan Bisnis, VI, 147.

Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity, 1, 61.

Maramis, F.S., Sepang, J.L., & Soegoto, A.S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA :Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6, 1660.

Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh Kualitias Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. JPE : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13, 26.

Novianti., Endri., & Darlius. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen, VIII, 93.

Nugroho, A.U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Auntie Anne's AEON Mall Jakarta Garden City. STEIN eRepository, 30, 32.

Pratama, D.W. & Santoso, S.B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, 5.

Ramadhanty, C.A., Nadya, D.R., Mustaqimah, Z., & Yoshinta, R. (2021). Strategi Digital Marketing UKM Terdampak Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 02, 32.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, 30, 59.

Ri'aeni, I. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS : Jurnal Komunikasi, 144.

Romadhon, R.D., & Rachman, M.M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Kualitas Produk dan Suasan Restoran Terhadap Kepuasan Konsumen Pancious Restoran CWS. JSBR: Journal of Suistanability Business Research, 2, 597.

Setyo, E.P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1, 759.

Simbolon, O. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan McDonald's Jl. Ringroad Medan). repositori.usu.ac.id.

Situmeang,L.S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Repository UIN Sumatera Utara, 8.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantiatif. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Atma Jaya.

Wijaya, C.V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. AGORA, 5, 1.

Zahara, M., Andreansyah, M., & Relawati. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Lampung. JMB : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2, 43.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v2i2.17743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)