PENGARUH GREEN MARKETING MIX DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA GERAI STARBUCKS COFFEE KARANG TENGAH)

Viega Rosyana

Abstract


Permasalahan jumlah timbulan sampah plastik di Indonesia adalah salah satu permasalahan besar, banyak masyarakat yang masih belum menyadari akan pentingnya menjaga ekosistem keseimbangan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Marketing Mix dan Green Brand Image terhadap Keputusan Pembelian dengan Green Trust sebagai variabel mediasi (Studi pada Gerai Starbucks Coffee Karang Tengah). Objek pada penelitian ini adalah konsumen gerai Starbucks Coffee Karang Tengah. Sampel penelitian ini terdiri dari 190 responden dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah anaslisis deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Green Marketing Mix berpengaruh Negatif tidak signifikan terhadap Green Trust, Green Brand Image berpengaruh Positif signifikan terhadap Green Trust, Green Marketing Mix berpengaruh Positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Green Brand Image berpengaruh Positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Green Trust berpengaruh Positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Green Marketing Mix, Green Brand Image, Keputusan Pembelian, Green Trust

Full Text:

PDF

References


Astini, R. (2016). Implikasi Green Brand Image, Green Satisfaction dan Green Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen AMDK Galon Merk AQUAdi Wilayah Serpong Utara). Jurusan Manajemen-Universitas Mercu Buana, Vol 20, 21.

Bukhari, A., Rana, R. A., & Bhatti, U. T. (2017). Factors Influencing Consumer’s Green Product Purchase Decision By Mediation Of Green Brand Image. International Journal of Research, Vol 04(07), 1620.

Chen, Y.-S., & Chang, C.-H. (2013). Towards green trust The influences of green perceived quality,green perceived risk, and green satisfaction. Toward Green Trust, Vol 51, 72.

Chen, Y.-S., Lin, C.-Y., & Weng, C.-S. (2015). The Influence of Environmental Friendliness on Green Trust: The Mediation Effects of Green Satisfaction and Green Perceived Quality. Vol 7, 10140.

Darmawan, E. I., & Arry Widodo, S. M. (2019). Pengaruh Green Product, Green Advertising dan Green Brand Image Terhadap Purchase Decision Cat Tembok Nippon Paint. e-Proceeding of Management, Vol 6, 6152.

Fatimah, N. F., & Setiawardani, M. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop Kota Bandung). Relawan Jurnal Indonesia, Vol 10, 1093.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 14. Semarang: Universitas Diponegoro.

Iwan, s., Ratih, H., & Amin, K. (2021). Keputusan Pembelian Natural Cosmetics dengan Predicator Green Awareness dan Green Brand Trust. Jurnal Bingkai Ekonomo, Vol 3, 6.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2018). Deklarasi "Kendalikan Sampah Plastik Industri". Retrieved from DITJEN PPKL - KEMENLHK: https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/pengantar.php

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2020). Grafik Komposisi Sampah. Retrieved from SIPSN MENLHK: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. United States of Amerika.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Kumadji, & Srikandi, A. R. (2015). Pengaruh Green Marketing dan Marketing Mix Tethadap Customer Preference dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Mahasiswa S2 Konsumen Aqua-Danone, Fakultas Ilmu. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 9, 1.

Mahendra, I. M., & Sulistyawati, E. (2017). Pengaruh Green Brand Image dan Green Perceived Value Terhadap Green Trust dan Green Brand Equity. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 6, 3872.

Manongko, A. A. (2018). Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior). Minahasa Utara.

Md. Nekmahmud, M. F.-F. (2020). Why Not Green Marketing? Determinates of Consumers’ Intention to Green Purchase Decision in a New Developing Nation. Scholarly Journals, Vol 12, 23.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 3, 5.

Pradnyadewi, N. L., & Warmika, I. G. (2019). Peran Green Trust Memediasi Pengaruh Green Perceived Value Terhadap Green Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen, Vol 8, 2753.

Putri, N. E. (2017). Green Purchase Behavior pada Produk O'Chicken di Kota Padang: Green Perceived Value, Green Trust, dan Green Purchase Intention Sebagai Anteseden. 4.

Rahadian, R. F., Tresnati, R., & Mahani, S. A. (2017). Pengaruh Green Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Toko Organic Bandung). Prosiding Manajemen, Vol 3, 645.

Rahman, F., Siburian, P. S., & A, G. N. (2017). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda. Forum Ekonomi, Vol 19, 119.

Ramli, Y. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Bisnis. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol 5, 214.

Ramli, Y., Permana, D., Soelton, M., Hariani, S., & Syah, T. Y. (2020). The Implication Of Green Marketing That Influence The Customer Awareness Towards Their Purchase Decision. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 10, 389.

Risyamuka, I. K., & Mandala, K. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau di Restoran Sari Organik Ubud. E-Jurnal Manajemen, Vol 4, 540.

Siwandana, I. K., & Wardana, I. M. (2017). Peran Green Trust Memediasi Pengaruh Green Brand Image Terhadap Green Brand Equity Pada Produk Hijau. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 6, 1789.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Tsai, P. H., Lin, G.-Y., Zheng, Y.-L., Chen, Y.-C., Pao-Zhen, & Su, Z.-C. (2021). Exploring The Effect of Starbucks Green Marketing on Consumers Purchase Decision From Consumers Perspectuve. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol 56.

Wijaya, V. L., Sutanto, Y., & Siaputra, H. (2020). Pengaruh Green Brand Image Terhadap Repurchase Intention Dengan Green Brand Satisfaction dan Green Brand Trust sebagai Mediator Pada Starbucks Coffee Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, Vol 8, 22.

Wijaya, V. L., Sutanto, Y., & Siaputra, H. (2020). Pengaruh Green Brand Image Terhadap Repurchase Itention Dengan Green Brand Satisfaction dan Green Brand Trust Sebagai Mediator Pada Starbucks Coffee Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 8, 18.

Yasri, Y. E. (2017). Pengaruh Green Brand dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol 6, 147-148.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v2i3.17744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)