PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA KOPI JANJI JIWA CITRA 6 KALIDERES)

Dessy Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh brand image, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kopi janji jiwa citra 6 Kalideres. Data penelitian ini merupakan data yang diambil dari data sekunder perusahaan dan data primer yang diperoleh dari pengolahan data kuesioner yang diisi oleh konsumen yang telah melakukan keputusan pembelian terhadap kopi janji jiwa citra 6 Kalideres. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 190 responden dan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Brand Image; Promosi; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustini, N. P., & Suasana I, G. A. (t.thn.). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali. 2020.

Albina, A., & Indiani, N. L. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar).

Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi 6. Bandung: CV. Alfabeta.

Data Boks. (2018, 07 31). Kata Data Boks. Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Muinah, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS Untuk Penelitian Empiris Edisi 3. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hendi, S., & Gungun, G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Belrum Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Makan Koki Jody Di Magelang.

Kopi Janji Jiwa. (2019, 07 2019). Kopijanjijiwa. Dipetik 08 03, 2021, dari https://www.instagram.com/p/B0fe-MTgHfe/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Index.

Kotlter, P. &. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lubis, S. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada PT. Lovely Holidays Tour And Travel Cabang Pematangsiantar. Jurnal MAKER.

Nilam, P. ,., & Nurwita. (2020). The Effect of Brand Image on PT Shaza Food Product Purchase Decision (Case Study in South Tangerang Area).

Peemanee, J., & Wongsahai, E. (2021). Technology acceptance and service convenience on repeat purchase decision of food delivery business in Thailand.

Rachman, D. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus).

Rafael Billy Leksono, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT.Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.

Setiawan, K. (24, 12 2019). TEMPO.CO. Diambil kembali dari https://bisnis.tempo.co/read/1287267/cerita-kopi-janji-jiwa-punya-700-outlet-dalam-15-tahun/full&view=ok

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Alfabeta.

Supriyadi, Y. F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Suri Amilia, M. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Top Brand. (2022, 03 02). Top Brand Award. Dipetik 03 20, 2022, dari https://www.topbrand-award.com/2022/03/janji-jiwa-dan-jiwa-toast-raih-top-brand-award-2022/

Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado.

Yulianti, N. M. (2020). Pengaruh Brand Image, Brand Green Marketing Strategy Dan Emosional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Mcdonald's.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v2i2.17745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)